Etika Peserta Didik dalam Perspektif Imam Al Ghazali (Telaah Kitab Ihya’ Ulumuddin)

Khuluq, Evi Khusnul (2017) Etika Peserta Didik dalam Perspektif Imam Al Ghazali (Telaah Kitab Ihya’ Ulumuddin). Other thesis, IAIN Salatiga.

[img] Text
Evi Khusnul Khuluq.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh sikap-sikap peserta didik yang mulai melenceng. Beberapa peserta didik kurang mengetahui tugas dan kewajiban mereka sehingga sangat berpengaruh dalam perkembangan peserta didik. Di negara kita, buka rahasia lagi bahwa masyarakat mempunyai harapan yang berlebih terhadap peserta didik atau siswa untuk generasi penerus bangsa. Berdasarkan permasalahan di atas, maka dilakukan penelitian mengenai etika peserta didik perspektif Al-Ghazali telaah dalam kitab Ihya’ Ulumuddin. Yang membanhas mengenai bagaimana pemikiran Al-Ghazali tentang etika peserta didik telaah kitab ihya’ ulumuddin serta relevansi etika peserta didik perspektif Imam Al-Ghazali dalam konteks kekinian. Dalam mengkaji hal ini peneliti menggunakan penelitia literatur. Sumber data yang digunakan adalah buku terjemah kitab ihya’ ulumuddin dan data-data yang diperoleh dari buku-buku lain yang relevan kemudian dijadikan sebagai alat bantu dalam menganalisis masalah yang muncul. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pengumpulan data dengan mencari dan mengumpulan buku yang menjadi sumber primer yaitu kitab ihya’ ulumuddin berdasarkan tema atau topik permasalahan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa etika peserta didik perspektif imam al ghazali terlah dalam kitab ihya’ ulumuddin yaitu, Seorang peserta didik harus membersihkan / mensucikan jiwanya dari akhlak yang buruk / kotor, seorang peserta didik atau siswa hendaknya tidak banyak melibatkan diri dalam urusan duniawi, ia harus bersungguh-sungguh dan bekerja keras dalam menuntut ilmu, bahkan ia harus menjauh dari keluarga dan kampung halamannya, hendaknya seorang peserta didik jangan menyombongkan diri dengan ilmu yang dimilikinya dan jangan pula menentang guru atau pengajar, tetapi menyerahkan seluruhnya kepada guru dengan menaruh keyakinan penuh terhadap segala hal yang dinasihatkan terhadap kita,seorang peserta didik atau siswa hendaknya tidak banyak melibatkan diri dalam urusan duniawi, hendaknya seorang peserta didik menghindarkan diri dari mendengar perselisihan-perselisihan pendapat dikalangan orang lain, hendaknya ia memusatkan perhatian terhadap ilmu yang terpenting, yaitu ilmu mengenai akhirat, menuntut ilmu bertujuan menghiasi batinya dengan hal-hal yang mengantarkan untuk mengenal Allah dan mendukungnya didekat golongan tertinggi dari kaum Muqorrobiin.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Apr 2017 06:59
Last Modified: 26 Apr 2017 06:59
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1628

Actions (login required)

View Item View Item