Pengaruh Pembiayaan Murabahah Dan Pembiayaan Musyarakah Terhadap Likuiditas Bank Umum Syariah Dengan Non Performing Financing (NPF) Sebagai Variabel Moderating. (Studi Kasus Pada Bank Umum Syariah 2017-2021)

Septiansyah, Sugeng (2023) Pengaruh Pembiayaan Murabahah Dan Pembiayaan Musyarakah Terhadap Likuiditas Bank Umum Syariah Dengan Non Performing Financing (NPF) Sebagai Variabel Moderating. (Studi Kasus Pada Bank Umum Syariah 2017-2021). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Skripsi Lengkap Sugeng Septiansyah (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis tentang pengaruh pembiayaan murabahah dan pembiayaan musyarakah terhadap likuiditas pada Bank Umum Syariah tahun 2017-2021 dengan Non Performing Financing (NPF) sebagai variabel moderating. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 4 Bank Umum Syariah yaitu Bank Victoria Syaiah, Bank Bukopin Syariah, Bank BCA Syariah, Bank BTPN Syariah dengan periode 2017-2021 yang telah terdaftar di OJK. Metode penelitian ini dengan cara kuantitatif deskriptif. . Metode ini diawali dari menghimpun data, menganalisis data serta menginterprestasikannya. Metode deskriptif dipakai guna menperoleh gambaran seputar pengaruh pembiayaan murabahah serta pembiayaan musyarakah terhadap likuiditas bank umum syariah. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang dianalisis dengan eviews-9. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji stationeritas, uji regresi data panel, menentukan model regresi, uji statistik, dan uji asumsi klasik. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa; pembiayaan murabahah tidak berpengaruh terhadap likuiditas. Pembiayaan musyarakah berpengaruh positif dan signifikan terhadap likuiditas. NPF berpengaruh positif dan signifikan terhadap likuiditas. NPF tidak mampu memoderasi hubungan Pembiayaan Murabahah terhadap Likuiditas. NPF mampu memoderasi hubungan Pembiayaan Musyarakah terhadap Likuiditas. Kata Kunci: Murabahah, Musyakarah, NPF, Moderating.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 06 Mar 2023 17:16
Last Modified: 06 Mar 2023 10:18
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16287

Actions (login required)

View Item View Item