PENGARUH DIFERENSIASI PRODUK DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA BISNIS DENGAN KEUNGGULAN BERSAING SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Kasus: UMKM Sentra Tembaga Desa Tumang)

Nugroho, Yasin Wahyu (2023) PENGARUH DIFERENSIASI PRODUK DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA BISNIS DENGAN KEUNGGULAN BERSAING SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Kasus: UMKM Sentra Tembaga Desa Tumang). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
YASIN WAHYU NUGROHO.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana pengaruh diferensiasi produk dan orientasi pasar terhadap kinerja bisnis melalui keunggulan bersaing sebagai variabel mediasi pada UMKM Sentra Tembaga di Desa Tumang Boyolali. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif melalui teknik pengambilan sampel purposive sampling dengan jenis quota sampling. Metode analisis data yang digunakan analisis regresi linear berganda dan analisis jalur. Sumber data penelitian yang digunakan adalah data primer dengan menggunakan bantuan alat analisis data statistika program SPSS. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 97 responden dengan metode pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner.Hasil penelitian menunjukkan bahwa diferensiasi produk dan orientasi pasar berpengaruh positif signifikan terhadap keunggulan bersaing, diferensiasi produk dan keunggulan bersaing berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja bisnis, sedangkan orientasi berpengaruh negatif terhadap kinerja bisnis, sedangkan keunggulan bisnis berhasil memediasi diferensiasi produk dan orientasi pasar terhadap kinerja bisnis. Temuan penelitian ini memberikan kerangka konseptual mengenai faktor yang mempengaruhi kinerja bisnis suatu UMKM. Berdasarkan pelaku usaha Sentra Tembaga di Kabupaten Boyolali Kinerja UMKM dipengaruhi secara langsung oleh diferensiasi produk. Terdapat faktor lain yang yang dapat mempengaruhi kinerja UMKM secara tidak langsung yaitu keunggulan bersaing. Dimana keunggulan bersaing berperan untuk memberikan dampak yang positif pula terhadap kinerja bisnis UMKM. Kata Kunci : Diferensiasi produk, orientasi pasar, keunggulan bersaing dan kinerja bisnis.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 06 Mar 2023 19:29
Last Modified: 06 Mar 2023 19:29
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16292

Actions (login required)

View Item View Item