Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian dengan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair and Share (TPS) pada Siswa Kelas IV MI Ma’arif Watuagung Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017

Jannah, Farkhatul (2017) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian dengan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair and Share (TPS) pada Siswa Kelas IV MI Ma’arif Watuagung Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img] Text
skripsii komplit.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Matematika materi perkalian pada siswa kelas IV MI Ma’arif Watuagung Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang. Penelitian ini digunakan untuk menjawab permasalahan, apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif Think Pair and Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi Perkalian pada siswa kelas IV MI Ma’arif Watuagung Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017? Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV semester I MI Ma’arif Watuagung kecamatan Tuntang kabupaten Semarang yang berjumlah 21 siswa, terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 bulan mulai bulan Desember 2016 sampai bulan Januari 2017. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 kali siklus pembelajaran yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yakni, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, test, dan dokumentasi. Data dianalisis secara statistik menggunakan rumus presentase. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif Think Pair and Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi Perkalian pada siswa kelas IV MI Ma’arif Watuagung kecamatan Tuntang kabupaten Semarang tahun pelajaran 2016/2017. Terbukti pada nilai ulangan harian pra siklus terdapat 9 siswa atau 43% siswa yang tuntas belajar dengan nilai rata-rata 60. Pada siklus I jumlah siswa yang tuntas ada 17 siswa atau 81% dengan nilai rata-rata kelas 73,33. Pada siklus II seluruh siswa dalam kelas tuntas dengan nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 80,48. Nilai yang diperoleh pada siklus II menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal yang diharapkan telah tercapai yaitu 85% siswa yang tuntas belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Apr 2017 07:13
Last Modified: 26 Apr 2017 07:13
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1630

Actions (login required)

View Item View Item