PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PENDEKATAN KONSTRUKTIVITISME UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS VII MTs SA PANCASILA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Munajad, Muhammad Khusnul (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PENDEKATAN KONSTRUKTIVITISME UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS VII MTs SA PANCASILA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
MUHAMMAD KHUSNUL MUNAJAD 23070180068.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Pengembangan, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Pendekatan Konstruktivitisme. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk LKPD berbasis pendekatan konstruktivitisme untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi bilangan bulat pada siswa. Penelitian yang digunakan termasuk penelitian dan pengembangan (Research and Development/RnD). Dengan menggunakan model yang telah dikembangkan oleh Sugiyono dikenal dengan 10 langkah/tahap diantaranya; potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan produk massal. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII A berjumlah 22 siswa. Instrumen hasil pengembangan LKPD uji validitasnya diujikan oleh dua ahli validator yakni ahli validator desain dan validator isi atau materi. Pengumpulan data menggunakan soal tes berupa pre-test dan post-test untuk mengukur dalam peningkatan hasil belajar matematika pada siswa. Analisis uji statistik memakai uji paired sample T-Test pada taraf signifikasi 5%. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa berdasarkan hasil analisis uji validasi produk LKPD oleh dua validator dengan rata-rata 87.0% (validator desain) “sangat valid” dan 80.0% (validator isi atau materi) “valid”. Selanjutnya, pada analisis hasil perhitungan pre-test dan post-test mengalami peningkatan hasil belajar matematika dengan rata-rata persentase sebesar 70,68% menjadi 81,50%. Kemudian hasil uji efektifitas dari 41.372 > 2.016 dan memiliki nilai signifikas dari (2-tailed) adalah 0,000 atau nilai signifikasi < 0,05 (0,000 < 0,05) maka ditolak dan diterima sehingga hasil tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar matematika pre-test dan post-test. Jadi dapat diartikan ada pengaruh meningkatnya hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs SA Pancasila Salatiga.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Terapan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 07 Mar 2023 21:46
Last Modified: 07 Mar 2023 14:48
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16302

Actions (login required)

View Item View Item