PENGARUH GROWTH OPPORTUNITY, FINANCIAL LEVERAGE, DAN TAX AVOIDANCE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN CASH HOLDING SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Kasus Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index Periode 2016-2021)

naswah, Dahratun (2023) PENGARUH GROWTH OPPORTUNITY, FINANCIAL LEVERAGE, DAN TAX AVOIDANCE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN CASH HOLDING SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Kasus Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index Periode 2016-2021). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
[Skripsi] Dahratun Naswah.pdf

Download (2MB)

Abstract

Persaingan yang ketat antar perusahaan mendorong mereka untuk meningkatkan kinerjanya. Tujuan utama peningkatan kinerja perusahaan adalah untuk memaksimalkan kekayaan pemilik atau pemegang saham dengan meningkatkan nilai perusahaan. Nilai suatu perusahaan tergambar pada harga saham di bursa pasar modal. Tingginya harga saham menunjukkan perusahaan yang juga bernilai tinggi. Penelitian ini menerapkan jenis penelitian kuantitatif yang bertujuan dalam menganalisis pengaruh dari growth opportunity, financial leverage, dan tax avoidance terhadap nilai perusahaan yang dimoderasi oleh cash holding. Populasi pada pada penelitian ini adalah seluruh seluruh perusahana yang terdaftar di JII pada periode tahun 2016-2021. Dalam menentukan sampel, peneliti menggunakan teknik purposive sampling dimana diperoleh 12 perusahaan yang menjadi sampel penelitian. Pengujian data pada penelitian ini menggunakan analisis moderated regression analysis (MRA) dengan bantuan program ¬E-views 9. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa growth opportunity berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. Financial leverage berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. Tax avoidance tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Cash holding berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. Cash holding tidak mampu memoderasi pengaruh growth opportunity terhadap nilai perusahaan. Cash holding mampu memoderasi pengaruh financial leverage terhadap nilai perusahaan. Cash holding tidak mampu memoderasi pengaruh tax avoidance terhadap nilai perusahaan.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 08 Mar 2023 03:55
Last Modified: 07 Mar 2023 20:59
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16304

Actions (login required)

View Item View Item