JUAL BELI PAKAIAN SECARA GROSIR PERSPEKTIF HUKUM ISLAM DAN UU NO. 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN (Studi Kasus Sales Ibu Amin di Pasar Sunggingan Boyolali))

Putri, Suci Nuryati Ika (2023) JUAL BELI PAKAIAN SECARA GROSIR PERSPEKTIF HUKUM ISLAM DAN UU NO. 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN (Studi Kasus Sales Ibu Amin di Pasar Sunggingan Boyolali)). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SUCI NURYATI IKA PUTRI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Putri, Suci Nuryati Ika. 2023. Jual Beli Pakaian secara Grosir Perspektif Hukum Islam dan UU No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen (Studi Kasus Sales Ibu Amin Pasar Sunggingan Boyolali). Skripsi. Program Hukum Ekonomi Syari’ah. Fakultas Syari’ah. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Machfud, M.Ag. Kata Kunci: Jual Beli, Grosir, Hukum Islam, UU No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Islam membagi fikih muamalah menjadi beberapa sub bagian, di antaranya terdapat sub bagian jual beli. Dalam praktik jual beli konsumen memiliki hak untuk di layani secara benar dan tidak diskriminatif, akan tetapi jual beli pakaian grosir yang dilakukan oleh sales Ibu Amin yang terjadi di Pasar Sunggingan Boyolali dalam praktik jual belinya berbeda dengan sales-sales pada umumnya, yaitu pelaksanaannya terdapat perbedaan pelayanan terhadap pembeli baru dengan pembeli lama. Tentu hal tersebut akan menimbulkan suatu permasalahan yang mana hilangnya keadilan dalam bertransaksi jual beli. Dengan begitu adanya khiyar dan UU Perlindungan Konsumen memberikan perlindungan terhadap pembeli supaya hak-haknya terpenuhi dengan baik. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitian lapangan (Field Research). Dengan menggunakan pendekatan yuridis empiris. Sumber Data yang diperoleh dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah mendapatkan data kemudian penulis menganalisis data dengan tiga tahap yaitu mereduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Peneliti menggunakan pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa jual beli yang dilakukan oleh sales Ibu Amin di Pasar Sunggingan Boyolali menurut Hukum Islam memenuhi rukun, dan syarat jual beli tetapi tidak memenuhi prinsip dari jual beli karena adanya perbedaan pelayanan antara pembeli baru dengan pembeli lama. Kemudian dalam hak khiyar, praktik jual beli grosir tidak sesuai dengan ketentuan khiyar syarat karena untuk pembeli baru tidak diperbolehkan untuk mengembalikan barang yang sudah dibelinya sedangkan untuk pembeli lama waktu tenggang pengembalian tidak jelas dan untuk khiyar aib sudah sesuai dengan hukum Islam. Sedangkan analisis dalam UU No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen, dalam hal ini sales Ibu Amin melanggar ayat-ayat yang terdapat dalam UU Perlindungan Konsumen, yaitu melanggar pasal 4 ayat 7 yang berisikan tentang hak-hak konsumen dan pasal 7 ayat 3, 4 dan 7 yang berisikan tentang kewajiban pelaku usaha.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 08 Mar 2023 16:57
Last Modified: 08 Mar 2023 16:57
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16308

Actions (login required)

View Item View Item