Peran Komunikasi Dinas Pangan dan Pertanian dalam Ketersediaan Ketahanan Pangan Di Masa Pandemi (Studi Pada Program Cadangan Pangan Kelurahan Pulutan Sidorejo Kota Salatiga)

Fahri, Muhammad (2023) Peran Komunikasi Dinas Pangan dan Pertanian dalam Ketersediaan Ketahanan Pangan Di Masa Pandemi (Studi Pada Program Cadangan Pangan Kelurahan Pulutan Sidorejo Kota Salatiga). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Moh. Fahri Skripsi KPI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peran komunikasi Dinas Pangan dan Pertanian Kota Salatiga dalam menangani ketersediaan ketahanan pangan dimasa pandemi pada program cadangan pangan Kelurahan Pulutan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh bersumber dari penerima program cadangan pangan di Kelurahan Pulutan terkait peran komunikasi dalam menangani ketersediaan ketahanan pangan dimasa pandemi. Kemudian teknik analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran komunikasi organisasi pada program cadangan pangan di Kelurahan Pulutan yang dilakukan Dinas Pangan dan Pertanian terdiri dari fungsi informatif, regulatif, persuasif dan integratif. Peran informatif Dinas Pangan dan Pertanian menjalankan peran informatif sebagai penyulu, peran integratif sebagai Staf ketersediaan ketahanan pangan, dan peran regulatif dan persuasif melalui program cadangan pangan. Secara keseluruhan peran komunikasi dalam menjalankan fungsi komunikasi organisasi pada program cadangan pangan di Kelurahan Pulutan, Sidorejo, Kota Salatiga tertuju pada akses penyampaian informasi, penetapan peraturan yang harus dilakukan dan yang tidak boleh dijalankan, kemampuan mempersuasi, dan yang terakhir akses penyebaran informasi dan ketersediaan saluran informasi.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Terapan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 08 Mar 2023 19:58
Last Modified: 08 Mar 2023 19:58
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16314

Actions (login required)

View Item View Item