KOMPETENSI GURU PENDAMPING DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK DI TK ISLAM TUNTANG

Handayani, Banun Budi (2023) KOMPETENSI GURU PENDAMPING DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK DI TK ISLAM TUNTANG. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
compressed_SKRIPSI FIKS JILID-BANUN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yakni: 1) Mengetahui kompetensi guru pendamping untuk menanamkan karakter pada anak di TK Islam Tuntang. 2) Mengetahui peran guru pendamping dalam pembentukan karakter kemandirian dan kedisiplinan anak di TK Islam Tuntang. 3) Mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat yang dihadapi guru pendamping dalam menanamkan karakter kemandiran dan kedisiplinan pada anak di TK Islam Tuntang. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini meliputi sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Miles and Huberman. Pengecekan keabsahan data menggunakan metode triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Guru pendamping di TK Islam tuntang sudah memenuhi kompetensi sosial baik beradaptasi dengan lingkungan maupun berkomunikasi secara efektif, bisa dikatakan baik dan juga dengan adanya guru pendamping dapat memberikan bukti adanya kemajuan mengenai kemandirian anak di TK Islam Tuntang. Guru pendamping di TK Islam Tuntang mempunyai kepribadian yang baik, prestasinya bagus hal tersebut dapat dibuktikan beliau mendapatkan juara 1 membuat APE tingkat kecamatan, serta pengalamannya yang luas. Adanya guru pendamping juga memberikan kontribusi posistif dalam menanamkan kedisiplinan anak di TK Islam Tuntang seperti contohnya anak laki-laki yang tadinya rambut panjang seperti anak perempuan namun dengan berjalannya waktu guru pendamping dalam menasehati anak tersebut mau untuk potong rambut sesuai dengan gendernya. 2) Guru pendamping memiliki peran penting dalam proses belajar mengajar maupun keadministrasian sekolah dan sudah memenuhi kualifikasi akademik maupun kompetensi guru. 3) Faktor pendukungnya yaitu Alat Peraga Edukatif (APE) sedangkan faktor penghambatnya karakter anak beda-beda dan postur tubuh guru pendamping di TK Islam Tuntang.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Mar 2023 14:55
Last Modified: 09 Mar 2023 08:30
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16321

Actions (login required)

View Item View Item