Efendi, Muhammad Fauzi Fuad (2023) EFEKTIVITAS BIMBINGAN KLASIKAL UNTUK MENINGKATKAN CURIOSITY BERDASAR Q.S. AL-ALAQ AYAT 1-5 DI MADRASAH IBTIDAIYAH KAHUMAN NGAWEN KLATEN. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
skripsi penuh(2).pdf Download (5MB) |
Abstract
Efendi, Muhammad Fauzi Fuad. 2022. Efektivitas Bimbingan Klasikal untuk Meningkatkan Curiosity Berdasar Q.S Al-Alaq Ayat 1-5 Di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Kahuman Ngawen Klaten. Skripsi, Salatiga: Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Anisatun Murtafiah, M.Pd.I. Kata Kunci: Bimbingan Klasikal, Meningkatkan Curiosity, Q.S Al - Alaq Ayat 1-5. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1). Pelaksanaan bimbingan klasikal yang berdasar Q.S. Al-Alaq 1-5 untuk meningkatkan curiosity anak. 2). efektivitas bimbingan klasikal untuk meningkatkan curiosity yang berdasar surat Al-Alaq ayat 1-5. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan quasi eksperimental yaitu dengan membandingkan hasil pre test dan post test yang diberikan. Sumber data penelitian ini adalah dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V B di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Kahuman Ngawen Klaten sebanyak 27 siswa. Teknik analisis data ini dengan menggunakan penyebaran kuisioner untuk mengetahui efektivitas bimbingan klasikal untuk meningkatkan curiosity berdasar Q.S. Al-Alaq ayat 1-5. Pengumpulan data melalui pemberian kuisioner dengan titik korelasional pengaruh yang mana variabel terikat adalah bimbingan klasikal sedangkan variabel bebasnya adalah curiosity berdasarkan Q.S. Al-Alaq ayat 1-5 Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) pelaksanaan layanan sebanyak tiga kali pertemuan topik pertama “materi bimbingan klasikal”, topik kedua “ materi curiosity”, topik ke tiga “dasar-dasar curiosity”; (2) terdapat peningkatan data pre test dan post test menggunakan SPSS versi 22.0 dengen pengujian shapiro wilk yang diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,000 dan penafsiran hasil dengan menggunakan uji paired sample test dengan nilai -179.000 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak Ha diterima. Sehingga, efektivitas bimbingan klasikal untuk meningkatkan curiosity yang berdasar Q.S Al-Alaq ayat 1-5 terbukti efektif.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 13 Mar 2023 03:51 |
Last Modified: | 13 Mar 2023 03:51 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16345 |
Actions (login required)
View Item |