Integrasi Pembelajaran Akidah Ahklak Melalui Pembinaan keagaamaan Pondok Pesantren dalam Menanamkan Karakter Religius Pada Siswa Kelas IX MTs Al-Manar Bener Tengaran Semarang

MUNIF, EMI BAHRUL (2023) Integrasi Pembelajaran Akidah Ahklak Melalui Pembinaan keagaamaan Pondok Pesantren dalam Menanamkan Karakter Religius Pada Siswa Kelas IX MTs Al-Manar Bener Tengaran Semarang. Other thesis, IAIN SALATIGA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain integrasi pembelajaran akidah ahklak melalui pembinaan keagamaan pondok pesantren pada siswa MTs Al-Manar Bener Tengaran, untuk mengetahui proses integrasi pembelajaran akidah ahklak melalui pembinaan keagamaan pondok pesantren dan menanamkan karakter religius pada siswa MTs Al-Manar Bener Tengaran, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat integrasi pembelajaran akidah ahklak melalui pembinaan keagamaan pondok pesantren dalam menanamkan karakter religius pada siswa MTs Al-Manar Bener Tengaran. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif yang melibatkan narasumber Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, Guru akidah akhlak, dan siswa kelas IX di MTs Al-Manar Bener Tengaran. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen. Hasil penelitian ini menemukan, bahwa integrasi pembelajaran akidah ahklak melalui pembinaan keagamaan pondok pesantren dalam menanamkan karakter religius pada siswa MTs Al-Manar Bener Tengaran, melalui desain pembelajaran yang memuat Kegiatan pembelajaran di dalam kelas dan Kegiatan-kegiatan pembiasaan di luar kelas. Proses integrasi pembelajaran akidah ahklak dalam menanamkan karakter religius pada siswa MTs Al-Manar Bener Tengaran melalui pembelajar di kelas dilaksanakan dengan perencanaan yang tertuang dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang terdiri dari kegiatan pendahulan, kegiatan inti, kegitan penutup. Sedangkan pembelajaran di luar kelas berupa kegiatan seperti sholat dhuaha berjamaah, sholat dhuhur berjamaah, istigosah atau tahlilan bersama. Sedangkan integrasi Pembinaan keagamaan pondok pesantren dalam menanamkan karakter religius ini melalui dua program pembiasaan 5 S (senyum, sapa, salam, sopan dan santun), pembiasaan sikap jujur, pembiasaan memiliki sikap tangung jawab, dan ada berupa pembinaan kegitan pelatihan muhadhoroh. Faktor-faktor pendukung, yang meliputi: perencanaa program pendidikan melalui guru, lingkungan belajar yang memadahi, dukungan dari lembaga. Sedangkan penghambatnya kurangnya sikap antusias dari siswa, masih kurangnya pengawasan dan pengondisian dari tenaga pendidik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 14 Mar 2023 06:25
Last Modified: 03 Aug 2023 13:49
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16354

Actions (login required)

View Item View Item