PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY (SETS) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK PADA SISWA KELAS VIII MTS ROUDLOTUL FURQON BANYUBIRU TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Defitri, Ina Sarina (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY (SETS) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK PADA SISWA KELAS VIII MTS ROUDLOTUL FURQON BANYUBIRU TAHUN PELAJARAN 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
INA SARINA DEFITRI 23060180001 REV .pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTs Roudlotul Furqon Banyubiru dengan diterapkannya model pembelajaran berupa Science, Environment, Technology, and Society (SETS) pada materi cahaya dan alat optik. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek pada penelitian ini merupakan kelas VIII B di mana jumlah peserta didik sejumlah 32 orang. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu; perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik mengumpulkan data yang digunakan adalah lembar observasi, soal tes, angket serta dokumentasi. Penelitian ini dapat dikatakan berhasil apabila peserta didik mencapai ketuntasan hasil belajar klasikal sebesar ≥85% dengan ketuntasan hasil belajar individu sebesar ≥80. Setelah penelitian dilakukan didapatkan hasil belajar peserta didik diperoleh hasil rata-rata kelas pada siklus I sebesar 73,13 dengan 37,5% ketuntasan klasikal. Pada siklus II hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan, dengan rata-rata kelas sebesar 85,16 dan ketuntasan klasikal mencapai 87,5%. Selain itu, berdasarkan hasil angket respon peserta didik, sebanyak 83% peserta didik menyatakan setuju dengan penerapan model pembelajaran Science, Environment, Technology, and Society (SETS). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan Science, Environment, Technology, and Society (SETS) dapat meningkatkan hasil belajar kelas VIII MTs Roudlotul Furqon Banyubiru tahun pelajaran 2022/2023.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 14 Mar 2023 13:02
Last Modified: 14 Mar 2023 13:02
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16355

Actions (login required)

View Item View Item