IMPLEMENTASI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATA PELAJARAN FIKIH MATERI SHOLAT DHUHA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF MANGUNSARI SALATIGA TAHUN AJARAN 2022/2023

Dhofari, Muhammad (2023) IMPLEMENTASI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATA PELAJARAN FIKIH MATERI SHOLAT DHUHA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF MANGUNSARI SALATIGA TAHUN AJARAN 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
MUHAMMAD DHOFARI_139.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Mata Pelajaran Fikih Materi Shalat Dhuha Kelas IV Madrasah Ibtidaiah Ma’arif Mangunsari Salatiga Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskipsikan dan menganalisis penerapan model Contxtual Teaching and Learninga (CTL) pada mata pelajaran fikih materi shalat dhuha kelas IV madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Mangunsari Salatiga, menganalisis manfaat model CTL pada mata pelajaran fikih materi shalat dhuha kelas IV, menganalisis kelebihan dari model pembelajaran CTL mata pelajaran fikih materi shalat dhuha kelas IV, menganalisis kekurangan dari model pembelajaran CTL mata pelajaran fikih materi shalat dhuha kelas IV. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Untuk memperoleh data peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini melalui reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan metode triangulasi data. Langkah-langkah penelitian dimulai dari tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, dan tahap analisis data. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa : 1) implementasi kan model Contextual Teaching And Learning pada mata pelajaran fikih materi sholat dhuha kelas IV MI Ma’arif Mangunsari salatiga sudah dilaksanakan dengan baik. 2) manfaat model Contextual Teaching And Learning memudahkan siswa dalam memahami materi-materi sholat dhuha dan memudahkan siswa dalam menghafal bacaan sholat karena dibaca dengan biljahr (suara lantang). 3) kelebihan dari model CTL faktor-faktor yang mendukung dan menghambat kegiatan sholat dhuha siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Mangunsari, faktor pendukung tersedianya buku-buku kegiatan sholat dhuha, tersedianya buku Qiroati, adanya guru pembimbing shalat dhuha, tersedianya masjid. Adapun faktor penghambat shalat dhuha diantaranya masih banyak siswa yang bersenda gurau, adanya siswa yang belum hafal dalam bacaan sholat dhuha, dan siswa yang datang terlambat pada musim hujan. Pengelolaan Pendidikan kegiatan sholat dhuha diharapkan dapat mengambil manfaat dai temuan kajian berupa tambahan informasi dan gagasan. 4) kekurangan siswa yang kurang percaya diri akan ketinggalan materi pelajaran, masih adanya siswa yang terlambat datang ke sekolahan ketika musim hujan, kurangnya dukungan orang tua.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 14 Mar 2023 22:20
Last Modified: 14 Mar 2023 22:20
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16364

Actions (login required)

View Item View Item