PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MENEMUKAN IDE POKOK MELALUI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION ( CIRC ) DENGAN MEDIA KARTU PARAGRAF PADA SISWA KELAS IV MI NGASINAN TAHUN PELAJARAN 2021/202

hidayat, Muhamad amin taufik (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MENEMUKAN IDE POKOK MELALUI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION ( CIRC ) DENGAN MEDIA KARTU PARAGRAF PADA SISWA KELAS IV MI NGASINAN TAHUN PELAJARAN 2021/202. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Muhammad Amin Taufiq H 23040180074.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil pembelajaran bahasa Indonesia materi ide pokok paragraf pada siswa kelas IV. Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang digunakan dalam penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Mengingat konsekuensi persepsi lapangan, kemampuan siswa untuk menemukan pemikiran utama dari bacaan masih rendah. Model pembelajaran yang menyenangkan belum banyak digunakan oleh sebagian besar guru. MI Ngasinan Kec. Wonosamodro Kab. Boyolali menjadi lokasi penelitian ini, dengan subyek 23 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki- laki dan 9 siswa perempuan di kelas IV. Berdasarkan temuan penelitian yang dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan Media Kartu Paragraf, terjadi peningkatan hasil belajar siswa terkait dengan menemukan ide pokok pikiran paragraf selama pembelajaran berlangsung, mulai dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, 17 siswa (74 %) menyelesaikan tugas, sedangkan 6 siswa (26 % ) tidak menyelesaikan tugas, sehingga diperoleh skor rata-rata 74,47. Siklus II bertambah menjadi 20 (87%) siswa yang tuntas dan 3 (13%) siswa yang tidak tuntas dengan skor rata-rata 81,78. Pembelajaran melalui model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan media kartu paragraf dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV MI Ngasinan, hal ini dibuktikan dengan pelaksanaan PTK siklus I dan II.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 14 Mar 2023 23:00
Last Modified: 14 Mar 2023 23:00
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16365

Actions (login required)

View Item View Item