PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS MATERI MAD ‘IWAD, MAD LAYYIN DAN MAD ‘ARID LISSUKUN MELALUI METODE TEAM QUIZ DENGAN MEDIA VISUAL PADA SISWA KELAS VIII A DI MTs NEGERI 1 MAGELANG TAHUN AJARAN 2022/2023

Sukma, Ajeng Dwi Lutfi (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS MATERI MAD ‘IWAD, MAD LAYYIN DAN MAD ‘ARID LISSUKUN MELALUI METODE TEAM QUIZ DENGAN MEDIA VISUAL PADA SISWA KELAS VIII A DI MTs NEGERI 1 MAGELANG TAHUN AJARAN 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI AJENG DWI 243.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Sukma, Ajeng Dwi Lutfi, 2022. Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Al- Qur‟an Hadis Materi Mad „Iwad, Mad Layyin, dan Mad „Arid Lissukun Melalui Metode “team quiz” Dengan Media Visual Pada Siswa Kelas VIII A MTs Negeri 1 Magelang Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi. Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Fatchurrahman, M.Pd Kata kunci : Hasil Belajar, Metode “team quiz” dan Media Visual Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode “team quiz” dan media visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits Mad 'iwad, Mad Layyin dan Mad 'arid Lissukun pada siswa Kelas VIII A MTs Negeri 1 Magelang Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dengan tahapan penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik soal, lembar observasi dan dokumentasi digunakan sebagai metode survei. Hasil ketuntasan belajar dalam pembelajaran ditentukan dengan menggunakan teknik soal. Sedangkan lembar observasi digunakan untuk mengetahui aktivitas siswa dan guru selama pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil pra siklus adalah 12 siswa dengan ketuntasan 37,5% dari 20 siswa dengan ketidaktuntasan 62,5%. Pada siklus I terdapat 18 siswa dengan tingkat kelulusan 56,25% dan 14 siswa dengan tingkat kelulusan 43,75%. Sedangkan pada Siklus II terdapat 30 siswa dengan ketuntasan 93,75 persen dan 2 siswa dengan ketuntasan 6,25 persen diantaranya. Hal ini menunjukkan bahwa ketuntasan meningkat pada setiap siklus dan memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) sebesar 75%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penelitian ini berhasil meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadis materi mad 'iwad, mad layyin dan mad 'arid lissukun Kelas VIII A MTs Negeri 1 Magelang Tahun Pelajaran 2022/2023

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Mar 2023 02:34
Last Modified: 15 Mar 2023 02:34
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16369

Actions (login required)

View Item View Item