ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS BERDASARKAN GENDER PADA SISWA KELAS VIII SMP AL-MAS’UDIYYAH BANDUNGAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Anisa, Sufi (2023) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS BERDASARKAN GENDER PADA SISWA KELAS VIII SMP AL-MAS’UDIYYAH BANDUNGAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SUFI ANISA 23070160086.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui deskripsi kemampuan komunikasi matematis berdasarkan gender pada siswa SMP Al-Mas’udiyyah Bandungan tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Al-Mas’udiyyah Bandungan Tahun Pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 4 siswa yang mewakili dari setiap kategori. Kategori yang dimaksud adalah 2 siswa laki-laki dan 2 siswa perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi matematis dan wawancara. Data yang dianalisis adalah data dari tes kemampuan komunikasi matematis dan data wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek laki-laki kurang mampu mengekspresikan ide-ide matematis melalui tulisan, tetapi mampu mengekspresikan ide-ide matematis melalui lisan, dan mendemonstrasikannya serta menggambarkannya secara visual. Sedangkan subjek perempuan mampu mengekspresikan ide-ide matematis melalui lisan, tulisan dan mendemonstrasikannya serta menggambarkannya secara visual. Subjek laki-laki maupun subjek perempuan mampu memahami, menginterpretasikan dan mengevaluasi ide-ide matematis baik secara lisan, tulisan maupun dalam bentuk visual lainnya. Subjek laki-laki maupun subjek perempuan mampu menggunakan istilah-istilah, notasi-notasi matematika dan struktur-strukturnya untuk menyajikan ide-ide, menggambarkan hubungan-hubungan dengan model-model situasi.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Mar 2023 19:05
Last Modified: 15 Mar 2023 12:28
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16383

Actions (login required)

View Item View Item