PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI SUMBER DAYA ALAM DI LINGKUNGAN SEKITAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTU LKS DI KELAS IV MI ISLAMIYAH 01 TAYU PATI TAHUN AJARAN 2021/2022

BUSTOMY, M.SYIFA (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI SUMBER DAYA ALAM DI LINGKUNGAN SEKITAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTU LKS DI KELAS IV MI ISLAMIYAH 01 TAYU PATI TAHUN AJARAN 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Skripsi M. SYIFA BUSTOMY.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan media LKS dapat meningkatkan hasil hasil belajar IPS materi sumber daya alam dilingkungan sekitar pada siswa kelas IV MI Islamiyah 01 Tayu Pati Tahun Ajaran 2021/2022. Subjek dalampenelitian ini adalah gurukelas dan siswakelas IV MI Islamiyah 01 Tayu Pati yang terdiri dari 20 siswa yaitu 10 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus yang setiap siklusnya terdapat rangkaian kegiatan yang masing-masing terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu tes tertulis, lembar observasi dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan cara membandingkan nilai hasil belajar tiapsiklus dengan ditandai peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal dan Ketuntasan Individual. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan media LKS dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil siklus sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dari semua siswa hanya 16 siswa yang dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Siklus I menunjukkan bahwa siswa mencapai kriteria ketuntasan klasikal 50% (10 siswa yang tuntas) dengan nilai rata-rata 66,5, sedangkan pada siklus II kriteriaketuntasan klasikal sebesar 90% (18 siswa yang tuntas) dengan nilai rata-rata 88,5. Dengan demikian, hasil belajar yang diperoleh siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan 40%.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Mar 2023 18:37
Last Modified: 16 Mar 2023 18:37
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16395

Actions (login required)

View Item View Item