Konsep Pendidikan Akhlak Perspektif Al-Qur’an Surat Al-Hujurat

Halimah, Siti Nur (2017) Konsep Pendidikan Akhlak Perspektif Al-Qur’an Surat Al-Hujurat. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img] Text
SITI NUR HALIMAH 111-12-235.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena keadaan Indonesia yang multikultur. Kekayaan yang dimiliki Indonesia merupakan sumber kekuatan sekaligus sumber potensi timbulnya persoalan. Banyak konflik timbul karena sikap fanatisme, kecintaan terhadap kelompok, dan kurangnya sikap toleransi. Oleh karena itu, pendidikan multikultural dipilih sebagai upaya untuk menemukan solusi yang tidak terlepas dari Al-Qur’an mengenai konflik yang terjadi karena pendidikan multikultural sangat relevan untuk konteks Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan atau library research. Sumber data primer menggunakan Tafsir Al-Mishbah karya M.Quraish Shihab, Tafsir Ibnu Katsir karya Muhammad Nasib Ar-Rifa’i, Tafsir Nurul Majid karya Prof. Dr. Teungku Muhammad Hasbi ash-Shiddieqy dan terjemah tafsir Al-Maragi. Pengumpulan data menggunakan pendekatan kajian tafsir maudlu’i. Metode ini penulis gunakan untuk menganalisis ayat-ayat yang membicarakan tema yang sama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan multikultural perspektif Al-Qur’an surat Al-Hujurat dan implementasinya dalam pendidikan Islam di Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) konsep pendidikan multikultural yang terkandung dalam surat Al-Hujurat antara lain: mengutamakan klarifikasi atau tabayyun; memupuk perdamaian dan keadilan; saling menghargai dan menghormati; saling percaya dan menjauhi prasangka; bersikap terbuka; bersikap toleransi dan menambah ketakwaan kepada Tuhan. (2) konsep pendidikan multikultural dalam Q.S Al-Hujurat dapat diimplementasikan di perpustakaan. Perpustakaan sebagai gerbang multikulturalisme harus netral dari keberpihakan. Keragaman koleksi buku merefleksikan keterbukaan perpustakaan terhadap isu-isu pluralisme dan multikulturalisme. Selanjutnya para pemakai perpustakaan masuk dan berdialog dengan beranekaragam kebudayaan baik melalui pemanfaatan koleksi maupun melalui serangkaian layanan yang ada sehingga diharapkan akan tumbuh semangat dan sikap untuk menghargai keragaman dan perbedaan kebudayaan yang ada.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Apr 2017 07:33
Last Modified: 27 Apr 2017 07:33
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1640

Actions (login required)

View Item View Item