MANFAAT ALAT PERAGA EDUKATIF BONEKA HORTA UNTUK ANAK USIA DINI (STUDI KASUS: KAMPUNG SELAHUNI DESA CIOMAS RAHAYU KOTA BOGOR)

, Indah Istiqlallia (2023) MANFAAT ALAT PERAGA EDUKATIF BONEKA HORTA UNTUK ANAK USIA DINI (STUDI KASUS: KAMPUNG SELAHUNI DESA CIOMAS RAHAYU KOTA BOGOR). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
REVISI_MANFAAT ALAT PERMAINAN EDUKATIF BONEKA HORTA UNTUK ANAK USIA DINI STUDI KASUS KAMPUNG SELA.pdf

Download (5MB)

Abstract

Istiqlallia, Indah, 2023. Manfaat Alat Permainan Edukatif Boneka Horta untuk Anak Usia Dini Studi Kasus Kampung Selahuni Desa Ciomas Rahayu Kota Bogor. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: MS. Viktor Purhanudin, M.Pd. Kata Kunci: Manfaat Alat Permainan Edukatif, Boneka Horta, Anak Usia Dini Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis proses pembuatan boneka horta beserta manfaat edukatifnya bagi anak usia dini yang terlaksana di kampung horta. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif. Adapun tekhnik yang dipakai peneliti untuk mendapatkan data yakni dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini yaitu peserta edutrip, penggiat, dan warga sekitar di kampung horta, Desa Ciomas Rahayu Kota Bogor Jawa Barat. Hasil penelitian ini menganalisis alat permainan edukatif yang berwujud boneka horta berikut proses pembuatannya: (1) Serbuk gergaji dicampur dengan pupuk. (2) Campuran kemudian dimasukkan kedalam kaos stocking. (3) Bibit benih rumput jarum dimasukkan di bagian atas boneka sesuai bentuk yang dinginkan (4) Serbuk gergaji ditambahkan secukupnya. (5) Membentuk boneka seperti karakter binatang tertentu, seperti ikan, kura-kura, atau kodok. (6) Kancing dan pita ditambahkan untuk mempercantik tampilan boneka. (7) Boneka Horta diletakkan di dalam wadah untuk perendaman. Selain itu, boneka horta memiliki banyak manfaat dan nilai edukasi diantaranya: Boneka Horta (berasal dari kata hortikultura) terbuat dari serbuk kayu sebagai media hidroponik dan didalamnya disematkan bibit tanaman sehingga dapat berfungsi sebagai media tumbuh tanamandan memiliki nilai ajar bagi anak usia dini untuk lebih mencintai lingkungan. (2) Alat permainan edukatif berupa boneka horta dapat menstimulasi pendidikan karakter anak usia dinikarena berhubungan dengan pembentukan proses berfikir kreatif. (3) Boneka horta merupakan sebuah inovasi Discovery dalam bidang pendidikan, karena merupakan boneka yang terbuat dari terbuat dari bahan alam yaitu limbah serbuk kayu sebagai media hidroponik yang dibentuk sedemikian rupa menyerupai boneka dan memiliki nilai edukatif. (4) Untuk menumbuhkan rumput pada bagian atas boneka, harus disirami dengan air secara rutin pagi dan sore setiap hari, hal ini mendorong anak usia din untuk bersikap disiplin, konsisten dan tanggung jawab. (5) Peduli lingkungan, Berfikir kreatif, disiplin, konsistensi dan tanggung jawab, merupakan bagian dari pendidikan karakter, sehingga alat permainan edukatif berupa boneka horta ini dipastikan dapat menstimulasi pendidikan karakter pada anak usia dini.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Mar 2023 21:54
Last Modified: 16 Mar 2023 14:59
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16400

Actions (login required)

View Item View Item