Endriyanti, Titi (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRY PADA SISWA KELAS VII MTS RAUDHATUL ULUM KECAMATAN PANTAI LUNCI KABUPATEN SUKAMARA KALIMANTAN TENGAH TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
Titi Endriyanti 23060180014.pdf Download (6MB) |
Abstract
Endriyanti, Titi. 2022. “Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan Melalui Model Pembelajaran Scientific Inquiry Pada Siswa Kelas VII MTs Raudhatul Ulum Kecamatan Pantai Lunci Kabupaten Sukamara Kalimantan Tengah Tahun Pelajaran 2021/2022”. Skripsi, Program Studi Tadris IPA Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Prof. Dr. Budiyono Saputro, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar IPA, Model Pembelajaran Scientific Inquiry Penelitian ini dilatarbelakangi adanya masalah rendahnya hasil belajar siswa kelas VII MTs Raudhatul Ulum Kecamatan Pantai Lunci, Kabupaten Sukamara Kalimantan Tengah, dengan nilai rata-rata kelas yaitu 58. Secara klasikal belum mencapai kriteria indikator ketuntasan. Hal ini dikarenakan penggunaan model pembelajaran yang belum maksimal, sehingga siswa kurang tertarik untuk belajar dan antusias siswa dalam belajar masih rendah. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah Bagaimana penerapan model pembelajaran Scientific Inquiry dapat meningkatkan hasil pembelajaran IPA materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan Pada Siswa Kelas VII MTs Raudhatul Ulum Kecamatan Pantai Lunci Kabupaten Sukamara Kalimantan Tengah Tahun Pelajaran 2021/2022?. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan melalui penerapan model pembelajaran Scientific Inquiry pada siswa kelas VII MTs Raudhatul Ulum Kecamatan Pantai Lunci Kabupaten Sukamara Kalimantan Tengah Tahun Pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan dua siklus yang masing–masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII MTs Raudhatul Ulum Kecamatan Pantai Lunci Kabupaten Sukamara Kalimantan Tengah berjumlah 15 siswa yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Scientific Inquiry dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan pada siswa kelas VII MTs Rudhatul Ulum Kecamatan Pantai Lunci Kabupaten Sukamara Kalimantan Tengah Tahun Pelajaran 2021/2022. Hasil tes pada siklus I dan siklus II menunjukan peningkatan nilai rata-rata dan persentase ketuntasan secara klasikal. Siklus I sebesar 65,3 dengan ketuntasan 60% (9 siswa), pada siklus II menjadi 83,6 dengan persentase ketuntasan klasikal 86,6% (13 siswa) yang mencapai nilai ≥70 (nilai KKM). Peningkatan rata-rata kelas sebesar 18,3 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 26,6%.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 16 Mar 2023 22:09 |
Last Modified: | 16 Mar 2023 22:09 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16401 |
Actions (login required)
View Item |