Dampak Penggunaan Sreen Time terhadap Sikap Sosial Siswa Kelas 3 MIT ANNUR Ngablak Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2022/2023

Malikah, Siti (2023) Dampak Penggunaan Sreen Time terhadap Sikap Sosial Siswa Kelas 3 MIT ANNUR Ngablak Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
REVISI JILID.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Malikah, S. (2022). Dampak Penggunaan Screen Time terhadap Sikap Sosial Siswa Kelas 3 MIT ANNUR Ngablak Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2021/2022. Salatiga. Sripsi. Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Aprilian Ria Adisti, M.Pd. Kata Kunci : Screen Time Siswa Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui dampak penggunaan screen time terhadap sikap sosial siswa MIT An-Nur Ngablak Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru, siswa kelas 3 dan wali murid. Pengumpulan data diambil melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan screen time terhadap sikap sosial siswa kelas 3 MIT An-Nur memiliki dampak positif dan negatif terhadap perkembangan anak. Dampak positifnya yaitu dapat mempermudah mencari informasi, sebagai sarana komunikasi dan sebagai sarana pendidikan. Dampak negatifnya yaitu anak menjadi introvert, anak kecanduan bermain gadget, emosi anak sulit dikendalikan, kurangnya rasa peduli terhadap lingkungan sekitar, bahaya terhadap kesehatan fisik maupun psikis, menghambat perkembangan psikososial yang meliputi beberapa aspek sikap sosial yaitu sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santu dan percaya diri. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengurangi penggunaan screen time terhadap sikap sosial siswa kelas 3 MIT An-Nur Ngablak yaitu dengan cara membangun komunikasi yang baik antara orang tua dan anak, mengawasi dan membatasi penggunaan gadget, memberikan contoh yang baik karena perilaku orang tua adalah hal yang paling mudah dicontoh oleh anak, membuat jadwal bermain gadget, mengajak anak bermain di luar rumah bersama teman sebayanya, agar anak belajar bersosialisasi dan berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Mar 2023 22:09
Last Modified: 09 Aug 2023 10:15
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16402

Actions (login required)

View Item View Item