STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS IV MI MUHAMMADIYAH TUKANG KECAMATAN PABELAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2021/ 2022

FIDYAWATI, FANI (2023) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS IV MI MUHAMMADIYAH TUKANG KECAMATAN PABELAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2021/ 2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Fani Fidyawati- 23040160187.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fidyawati, Fani.2022. Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas IV MI Muhammadiyah Tukang Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2021 / 2022. Skripsi, Salatiga: Program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Dr. Rasimin, M.Pd. Kata Kunci: pendidikan karakter dan peduli lingkungan Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui strategi guru serta faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan motivasi belajar siswa selama pandemi covid-19 di kelas IV MI Muhammadiyah Tukang Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yakni hasil wawancara kepala sekolah, guru, dan siswa, dan sumber sekunder yang dapat berupa foto-foto kegiatan terkait pendidikan lingkungan dan profil sekolah. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa selama pandemi covid-19 adalah dengan cara menggunakan metode mengajar yang bervariasi, yaitu: metode ceramah, metode daring, metode home visit dan metode penugasan atau praktek. Guru juga melakukan upaya atau pendekatan-pendekatan antara lain dengan memberikan penghargaan khusus bagi siswa yang berprestasi, memberikan angka, simbol atau nilai terhadap siswa, memberikan materi-materi yang berhubungan dengan kehidupan siswa dalam belajar mengajar sehingga mudah difahami oleh siswa, kemudian memberikan pujian-pujian dan hadiah bagi siswa yang giat, tekun dan aktif dalam belajar sekaligus ditunjukan dengan nilai hasil belajar yang memuaskan.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Mar 2023 22:25
Last Modified: 16 Mar 2023 15:42
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16403

Actions (login required)

View Item View Item