KINERJA GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM MERDEKA DI SDIT ASSALAM, BANDUNGAN, KAB SEMARANG

Fadhilah, Nayirotul (2023) KINERJA GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM MERDEKA DI SDIT ASSALAM, BANDUNGAN, KAB SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Tesis-Nayirotul Fadhilah 12020200038.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fadhilah, Nayirotul. 2023. Kinerja Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Di SDIT Assalam Bandungan, Kab. Semarang. Tesis, Salatiga. Program Pascasarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing: Dr. Mashlihatul Umami, MA Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kinerja guru dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi implementasi Kurikulum Merdeka di SDIT Assalam Bandungan, Kab. Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, guru kelas 1 dan kelas 4 di SDIT Assalam Bandungan, Kab. Semarang. Teknik pengumpulan data didapat dari wawacara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru SDIT Assalam Bandungan, Kab. Semarang, sudah mengimplementasikan Kurikulum Merdeka untuk kelas 1 dan kelas 4 dan sedang berlangsung. Hal ini dapat dilihat dari: (1) Kinerja guru dalam perencanaan pembelajaran guru telah merancang perangkat ajar yaitu Modul Ajar dan Alur Tujuan Pembelajaran yang dikembangakan berdasarkan karakteristik peserta didik yang disusun berdasarkan capaian pembelajaran sesuai panduan Kurikulum Merdeka. (2) Kinerja guru pada tahap pelaksanaan, guru telah melaksanakan Kurikulum Merdeka pada pembelajaran. Guru menggunakan perangkat ajar sesuai perencanaan sebelumnya. Kegiatan pembelajaran di kelas mengutamakan Profil Pelajar Pancasila untuk mengembangkan soft skil karakteristik peserta didik sesuai 6 dimensi pada Profil Pelajar Pancasila. Pembelajaran lebih fokus pada materi ensensial, menekankan pada pembelajaran yang mendalam bagi kompetensi dasar yaitu literasi dan numerasi. Guru memiliki waktu yang fleksibel tidak terburu-buru dalam pembelajaran sesuai kemampuan peserta didik. (3) Kinerja guru pada tahap evaluasi guru kelas 1 dan 4 SDIT Assalam Bandungan telah melaksanakan penilaian pembelajaran Kurikulum Merdeka dengan melakukan tiga jenis asesmen yaitu asesmen diagnostik, asesmen formatif dan asesmen sumatif sesuai Kurikulum Merdeka. Kata kunci: Kinerja guru, Implementasi, Kurikulum Merdeka

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Mar 2023 05:48
Last Modified: 17 Mar 2023 05:48
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16408

Actions (login required)

View Item View Item