EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBANTUAN GAME INTERAKTIF SMART APPS CREATOR (SAC) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI POLA BILANGAN SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 2 KOTA MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Hanifah, Nisrina (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBANTUAN GAME INTERAKTIF SMART APPS CREATOR (SAC) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI POLA BILANGAN SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 2 KOTA MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI Nisrina Hanifah 23070180011 T MTK.pdf

Download (3MB)

Abstract

Hanifah, Nisrina. 2023. Efektivitas Model Pembelajaran Guided Inquiry Berbantuan Game Interaktif Smart Apps Creator (SAC) Terhadap Hasil Belajar Matematika Pola Bilangan Siswa Kelas VIII MTs Negeri 2 Kota Magelang 2022/2023. Skripsi. Program Studi Tadris Matematika. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Wulan Izzatul Himmah, M.Pd. Kata Kunci: Guided Inquiry; Smart Apps Creator; Hasil Belajar. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran guided inquiry berbantuan game interaktif smart apps creator terhadap hasil belajar matematika pola bilangan siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Kota Magelang 2022/2023. Penelitian ini dapat dikategorikan sebagai salah satu penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen semu dan desain posttest only control group. Populasi yang berjumlah 221 siswa dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Kota Magelang. Dengan menggunakan teknik cluster random sampling dalam menentukan sampel yang akan diteliti, peneliti memperoleh kelas VIII A dengan jumlah 29 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII G yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan tes uraian. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-T dengan taraf signifikansinya yaitu sebesar 5% atau 0,05. Setelah dilakukan analisis, hasil menunjukkan bahwa sig , dengan demikian maka dapat disimpulkan diterima dan ditolak. Terlihat perbedaan rata-rata nilai kelas eksperimen dengan kelas kontrol, rata-rata nilai kelas eksperimen lebih besar dibanding dengan kelas kontrol yaitu . Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran guided inquiry berbantuan game interaktif smart apps creator (SAC) efektif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Kota Magelang tahun pelajaran 2022/2023.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Mar 2023 17:45
Last Modified: 17 Mar 2023 17:45
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16414

Actions (login required)

View Item View Item