Tadzikiroh, Alifatut (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN DENGAN METODE DRILL BERBANTU MEDIA KARTU DOMIKA PADA KELAS I SDIT DARUT TAUHID. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
Alifatut Tadzikiroh Jilid 096.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian PTK ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui metode drill dan media kartu domika dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi operasi penjumlahan dan pengurangan pada siswa kelas I SDIT Darut Tauhid Pandanharum Kec. Gabus Kab. Grobogan Tahun Pelajaran 2022/2023. Karena masalahnya di sini masih rendah dalam kemampuan berhitung dan cara menjumlahkan dan mengurangakan pada siswa kelas 1. Pada rumusan masalah ini akan diketahui apakah penerapan metode drill dangan media kartu domika dapat meningkatkan hasil belajar materi penjumlahan dan pengurangan di kelas I semester I SDIT Darut Tauhid Pandanharum tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SDIT Darut Tauhid Pandanharum, sedangkan secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan aktivitas siswa, mendiskripsikan pengelolaan pembelajaran oleh guru, dan mengetahui hasil belajar peserta didik yang mengacu pada metode Drill pada siswa kelas 1 SDIT Darut Tauhid Pandanharum semester 1 tahun pelajaran 2022/2023 muatan pelajaran Matematika tentang operasi hitung penjumlahan dan pengurangan. Hasil yang diperoleh pada siklus 1 sebanyak 9 siswa atau 45% sudah mencapai ketuntasan minimal dengan penggunaan KKM 75, sedangkan 11 siswa atau 55% masih mendapatkan nilai kurang dari 75 atau belum mencapai KKM. Pada siklus 2 diperoleh data bahwa dengan penerapan metode drill dengan bantuan media kartu domika meningkatkan hasil belajarsiswa kelas I materi operasi penjumlahan dan pengurangan sebanyak 100%. Artinya seluruh siswa kelas I mendapatkan nilai di atas KKM 75. Berdasarkan hasil secara kompratif sebelum dilakukan tindakan yang tuntas hanya 3 siswa atau 15% dari 20 siswa. Setelah siklus 1 jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 9 siswa atau 45%, sedangkan siklus 2 seluruh siswa sebanyak 20 anak dinyatakan tuntas KKM 75. Hal ini membuktikan bahwa pembelajaran metode drill dengan media kartu domika dapat meningkatkan hasil belajar matematika.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 21 Mar 2023 19:13 |
Last Modified: | 21 Mar 2023 19:13 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16428 |
Actions (login required)
View Item |