DAMPAK KEKERASAN VERBAL ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI TK ISLAM ASY-SYIFA’ BERGAS KIDUL

FebiRiyani, Awi (2023) DAMPAK KEKERASAN VERBAL ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI TK ISLAM ASY-SYIFA’ BERGAS KIDUL. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Skripsi Awi FebiRiyani.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kekerasan verbal yang dilakukan orang tua pada anak usia dini, bagaiamana perkembangan kognitif anak usia dini yang mengalami kekerasan verbal, dan apa saja dampak kekerasan verbal orang tua terhadap perkembangan kognitif anak usia dini di TK Islam Asy-Syifa’ Bergas Kidul. Jenis dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini meliputi data sumber primer yakni 5 anak yang megalami kekerasan verbal, 2 guru kelas, dan 5 orang tua pelaku kekerasan verbal terhadap anak usia dini. Dan sumber data sekunder berasal dari jurnal, buku, dan skripsi. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan kekerasan verbal yang dilakukan orang tua dilakukan dalam bentuk tidak sayang, intimidasi, mempermalukan atau mengucilkan, mencela, dan tidak memperhatikan atau menolak anak. Perilaku ini membuat anak tidak mau mendekat dengan orang tua, takut, dan jengkel kepada orang tuanya. Perkembangan kognitif anak usia dini di TK Islam Asy-Syifa’ yang mengalami kekerasan verbal, perkembangan kognitifnya belum maksimal. Tidak seperti pada anak-anak yang tidak mengalami kekerasan verbal, hal itu membuat anak-anak tersebut kesulitan untuk melakukan kegiatan yang berkaitan dengan aspek perkembangan kognitif yang telah ditetapkan oleh TK. Dan dampak kekerasan verbal orang tua terhadap perkembangan kognitif anak usia dini di TK Islam Asy-Syifa’ yaitu anak-anak mengalami hambatan dalam belajar seperti proses mengingat yang lambat, kurangnya pemahaman dalam memahami perintah guru, dan kesulitan menyelesaikan masalah yang dihadapi. Anak mengalami kesulitan untuk mengeja kemampuan teman-temannya di kelas dan membuat guru harus memberikan perhatian tambahan.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Mar 2023 21:30
Last Modified: 29 May 2023 08:55
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16431

Actions (login required)

View Item View Item