KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DENGAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP N 2 BANYUBIRU TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Emillya, Firdausita Rizqi Putri (2023) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DENGAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP N 2 BANYUBIRU TAHUN PELAJARAN 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
FIRDAUSITA RIZQI PUTRI E_23070180031.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan guna mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan pendekatan problem solving berbantuan LKPD terhadap hasil belajar matematika pada peserta didik kelas VIII SMP N 2 Banyubiru tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ialah penelitian kuantitatif dimana metode penelitian yang dipergunakan yakni kuasi eksperimen dengan memakai desain penelitian The Non Equivalen Posttest Only Control Group. Teknik pengambilan sampel dari penelitian ini ialah memakai teknik cluster random sampling yang diambil dari sebagian sampel yang mana populasi dibagi menjadi beberapa kelompok, kemudian sampel dipilih secara perkelompok bukan individu. Setelah dilakukan pemilihan secara acak, terpilihlah kelas VIII C menjadi kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan pendekatan problem solving berbantuan LKPD serta kelas VIII E menjadi kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran ceramah. Pengambilan data mempergunakan posttest pada kedua kelas, kemudian hasil dari pengerjaan dari posttest diolah dengan bantuan IBM SPSS 25.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share dengan pendekatan problem solving berbantuan LKPD efektif terhadap hasil belajar matematika materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel kelas VIII SMP N 2 Banyubiru Tahun Pelajaran 2022/2023, karena hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar dari posttest materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel dengan model pembelajaran Think Pair Share dengan pendekatan problem solving berbantuan LKPD lebih efektif daripada kelas yang menerapkan model pembelajaran ceramah. Hal ini dapat ditunjukkan dengan rata-rata kelas eksperimen sebesar 76, 58 lebih unggul dibanding rata-rata kelas kontrol sebesar 60, 2.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Mar 2023 04:32
Last Modified: 28 Mar 2023 04:32
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16445

Actions (login required)

View Item View Item