INTEGRASI STRATEGI PEMBELAJARAN MULTIKULTURAL BERBASIS MASALAH TOLERANSI BERAGAMA UNTUK MENUMBUHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

Dr.Rasimin,S.Pd.,M.Pd., (2023) INTEGRASI STRATEGI PEMBELAJARAN MULTIKULTURAL BERBASIS MASALAH TOLERANSI BERAGAMA UNTUK MENUMBUHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS.

[img] Text
Laporan PTKSN Final.Ok.pdf

Download (707kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan integrasi strategi pembelajaran multi-matobe yang valid yang dapat menumbuhkan berpikir kritis. Tahap pengembangan merujuk pada Plomb, komponen model pembelajaran oleh Joyce & Weil dan kriteria kualitas produk oleh Nieven. Uji kevalidan dilakukan oleh 3 (tiga) orang validator ahli yang kompeten di bidangnya. Validitas tes dan rubrik berpikir kritis diuji oleh dua orang pakar dengan hasil penilaian menyatakan bahwa tes dan rubrik berpikir kritis dalam kategori valid dan layak digunakan dalam pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk model integrasi strategi pembelajaran dikembangkan berdasarkan sintaks model pembelajaran multi-matobe untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis yakni: (1) penentuan dan pemetaan prioritas masalah, (2) orientasi masalah, (3) investigasi sosial- digital permasalahan toleransi beragama, (4) diskusi kelompok dan klasikal, dan (5) menyajikan dan mengembangkan hasil karya.. Produk model manajemen pembelajaan multi-matobe dinyatakan valid oleh penilai pakar dan dinilai berkualifikasi sangat baik oleh penilai ahli materi. Kevalidan produk model pembelajaran multi-matobe ditunjukkan oleh kevalidan aspek:(1) isi, (2) tampilan, (3) bahasa dan (4) kekonsistenan.

Item Type: Article
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Mar 2023 19:45
Last Modified: 28 Mar 2023 19:45
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16452

Actions (login required)

View Item View Item