PENGEMBANGAN MODEL MANAJEMEN PEMBELAJARAN MULTIKULTURAL BERBASIS MASALAH TOLERANSI BERAGAMA UNTUK MENUMBUHKAN KETERAMPILAN SOSIAL

Dr.Rasimin,S.Pd.,M.Pd., (2023) PENGEMBANGAN MODEL MANAJEMEN PEMBELAJARAN MULTIKULTURAL BERBASIS MASALAH TOLERANSI BERAGAMA UNTUK MENUMBUHKAN KETERAMPILAN SOSIAL.

[img] Text
LAPORAN PPT-RASIMIN 2021.FIX.pdf

Download (690kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan model manajemen pembelajaran multi-matobe yang valid yang dapat menumbuhkan keterampilan sosial. Tahap pengembangan merujuk pada Plomb, komponen model pembelajaran oleh Joyce & Weil dan kriteria kualitas produk oleh Nieven. Uji kevalidan dilakukan oleh 3 (tiga) orang validator ahli yang kompeten di bidangnya. Validitas tes dan rubrik keterampilan sosial diuji oleh dua orang pakar dengan hasil penilaian menyatakan bahwa tes dan rubrik keterampilan sosial dalam kategori valid dan layak digunakan dalam pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk model manajemen pembelajaran multi-matobe dikembangkan berdasarkan sintaks model pembelajaran multi-matobe untuk menumbukan keterampilan sosial yakni: (1) penentuan dan pemetaan prioritas masalah, (2) orientasi masalah, (3) investigasi social-digital permasalahan toleransi beragama, (4) diskusi kelompok dan klasikal, dan (5) menyajikan dan mengembangkan hasil karya.. Produk model manajemen pembelajaan multi-matobe dinyatakan valid oleh penilai pakar dan dinilai berkualifikasi sangat baik oleh penilai ahli materi. Kevalidan produk model pembelajaran multi-matobe ditunjukkan oleh kevalidan aspek:(1) isi, (2) tampilan, (3) bahasa dan (4) kekonsistenan

Item Type: Article
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Mar 2023 19:50
Last Modified: 28 Mar 2023 19:50
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16453

Actions (login required)

View Item View Item