PENGEMBANGAN MODEL OPEN ENDED- COLLABORATION BERBASIS ETNOMATEMATIKA (Studi Pembelajaran Pada Jenjang Pendidikan Sekolah Dasar)

Dr.Rasimin,S.Pd.,M.Pd., (2023) PENGEMBANGAN MODEL OPEN ENDED- COLLABORATION BERBASIS ETNOMATEMATIKA (Studi Pembelajaran Pada Jenjang Pendidikan Sekolah Dasar).

[img] Text
akhir-la-35536.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan model pembelajaran OE-C berbasis etnomatematika yang valid yang dapat memberdayakan kemampuan berpikir kreatif. Tahap pengembangan merujuk pada Plomb, komponen model pembelajaran oleh Joyce & Weil dan kriteria kualitas produk oleh Nieven. Uji kevalidan dilakukan oleh 3 (tiga) orang validator ahli yang kompeten di bidangnya. Validitas tes dan rubrik keterampilan berpikir kreatif diuji oleh dua orang pakar dengan hasil penilaian menyatakan bahwa tes dan rubrik keterampilan berpikir kreatif dalam kategori valid dan layak digunakan dalam pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan: (1) produk model pembelajaran OE-C berbasis etnomatematika dikembangkan berdasarkan sintaks model pembelajaran OE-C berbasis etnomatematika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dengan aspek: fluency, flexibility, originality dan elaboration. Produk model pembelajaran dinyatakan valid oleh penilai pakar, (2) kevalidan produk model pembelajaan OE-C berbasis etnomatematika dinilai berkualifikasi sangat baik oleh penilai ahli materi. Kevalidan produk model pembelajaran OE-C berbasis etnomatematika ditunjukkan oleh kevalidan aspek:(1) isi, (2) tampilan, (3) bahasa dan (4) kekonsistenan

Item Type: Article
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Mar 2023 21:18
Last Modified: 28 Mar 2023 21:18
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16461

Actions (login required)

View Item View Item