PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Tradisi, Kajian, dan Pendekatan dalam Ilmu-Ilmu Sosial

Dr.Rasimin,S.Pd.,M.Pd., (2023) PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Tradisi, Kajian, dan Pendekatan dalam Ilmu-Ilmu Sosial. UNSPECIFIED.

[img] Text
19. RASIMIN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Bangsa Indonesia memiliki pengalaman yang kaya dalam upaya meng-Indonesia-kan warganya melalui serangkaian pelaksanaan pendidikan kewarganegaraan. Pada era reformasi dan demokrasi sekarang ini tentunya dibutuhkan pendidikan kewarganegaraan yang bertujuan membentuk warga negara yang demokratis, yaitu warga negara yang cerdas, berkeadaban, dan bertanggung jawab bagi kelangsungan negara Indonesia. Kiranya itulah kreiteria warga negara yang baik (good citizen) untuk masa kini. Sebagaimana telah diketahui bahwa pendidikan kewarganegaraan merupakan pendidikan yang wajib diberikan di semua jenjang pendidikan termasuk jenjang pendidikan tinggi. Hal ini tertuang dalam undang-undang lama, yaitu Undang- Undang Nomor 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan selanjutnya tetap dipertahankan sebagai pendidikan wajib menurut ketentuan baru undang-undang sistem pendidikan nasional, yaitu dalam UndangUndang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pendidikan kewarganegaraan di perguruan tinggi sekarang ini diwujudkan dengan mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Dikti No. 267/Dikti/Kep/2000 tentang Penyempurnaan Kurikulum Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan tinggi. Selanjutnya, dengan landasan Surat Keputusan Dirjen Dikti No. 38/Dikti/2002 tentang Rambu-Rambu Pelaksanaan Mata Kuliah. Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi. Kemudian terakhir diperbarui kembali dengan Surat Keputusan Dirjen Dikti No. 43/Dikti/2006 tentang Rambu-Rambu Pelaksanaan Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi sebelumnya bernama mata kuliah Kewiraan. Atas dasar tersebut tujuan umum dari pendidikan kewarganegaraan pada dasarnya adalah bagaimana menjadikan warga negara yang baik mampu mendukung bangsa dan negara. Upaya mewarganegarakan individu atau orang-orang yang hidup dalam suatu negara merupakan tugas pokok negara. Konsep warga negara yang baik (good citizen) tentunya amat tergantung dari pandangan hidup dan sistem politik negara yang bersangkutan. Melihat isi materi pada bahan kajian tersebut, tersirat bahwa pendidikan kewarganegaraan di perguruan tinggi mengemban misi sebagai pendidikan nilai kepribadian, pendidikan yang membekali pemahaman tentang hubungan antara warga negara dengan negara (cicies education), pendidikan politik (political education) atau demokrasi, dan pendidikan bela negara. Sajian dalam buku ini berupaya mengembangkan pendidikan kewarganegaraan dalam sebuah tradisi, kajian,dan pendekatan dalam ilmu-ilmu sosial. Pendidikan kewarganegaraan diarahkan sejauh mungkin agar peserta didik menjadi warga negara yang demokratis dengan tradisi, kajian,dan pendekatan dalam ilmu- ilmu sosial. Artinya pendekatan ilmu-ilmu sosial pendidikan kewarganegaraan menjadi lebih menarik dan kontekstual. Harapan penulis, dengan kajian, tradisi dan pendekatan ilmu pengetahuan sosial pendidikan kewarganegaraan mempermudah pemahaman persoalan kehidupan berbangsa dan bernegara yang begitu kompleks dan dinamis. Paradigma ini juga menunjukkan bahwa pendidikan kewarganegaraan sebagai pendidikan politik demokrasi, sejalan dengan tuntutan sekarang ini. Akhirnya, dengan kerendahan hati penulis mengakui bahwa buku ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh sebab itu, dengan senang hati kami terbuka untuk menerima berbagai kritik dan saran dari para pembaca sekalian, hal tersebut tentu sangat diperlukan sebagai bagian dari upaya kami untuk terus melakukan perbaikan dan penyempurnaan karya selanjutnya di masa yang akan datang. Terakhir, ucapan terima kasih kami sampaikan kepada seluruh pihak yang telah mendukung dan turut andil dalam seluruh rangkaian proses penyusunan dan penerbitan buku ini, sehingga buku ini bisa hadir di hadapan sidang pembaca. Semoga buku ini bermanfaat bagi semua pihak dan dapat memberikan kontribusi bagi pembangunan ilmu pengetahuan di Indonesia.

Item Type: Book
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Mar 2023 17:58
Last Modified: 29 Mar 2023 17:58
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16465

Actions (login required)

View Item View Item