PENGARUH INTENSITAS MENGAKSES E-COMMERCE SHOPEE TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF REMAJA DESA REJOSARI KECAMATAN PAKIS KABUPATEN MAGELANG

Wafa, Muchamad Ali (2023) PENGARUH INTENSITAS MENGAKSES E-COMMERCE SHOPEE TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF REMAJA DESA REJOSARI KECAMATAN PAKIS KABUPATEN MAGELANG. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Muchamad Ali Wafa_43010180120.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengaruh intensitas mengakses e-commerce shopee berpengaruh terhadap perilaku konsumtif remaja Desa Rejosari Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang, mengetahui indikator yang dominan dalam membentuk Intensitas mengakses e-commerce shopee dan mengetahui indikator yang dominan dalam membentuk perilaku konsumtif remaja Desa Rejosari Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan analisis isi deskriptif, sampel penelitian ini adalah remaja Desa Rejosari Kecamatan Pakis Kab. Magelang. Metode pengambilan data menggunakan purposive sampling dan dilengkapi dengan rumus slovin. Dari jumlah populasi remaja Desa Rejosari pada tahun 2022 sejumlah 382 orang didapatkan sampel sebanyak 79 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil dari penelitian ini dapat kita simpulkan bahwa intensitas mengakses e-commerce shopee yang dilakukan oleh remaja Desa Rejosari tergolong tinggi/sering dengan hasil uji statistik deskriptif sebesar 3,2405, didukung dengan hasil TCR pada kedua variabel yang berada di angka antara 66%-84% dimana termasuk dalam kategori baik. Hasil Adjusted R Square menunjukkan bahwa variabel intensitas mengakses e-commerce shopee terhadap perilaku konsumtif sebesar 76% sedangkan sisanya 24% dipengaruhi oleh variabel atau faktor lain yang tidak diteliti atau diluar model regresi penelitian ini. Dari hasil uji t diketahui bahwa thitung lebih besar dari ttabel (15,747 > 1.66462) dan P value >َαَ yaitu 0,000 < 0,05. Hal ini berarti intensitas mengakses e-commerce shopee berpengaruh terhadap perilaku konsumtif.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 Apr 2023 22:55
Last Modified: 03 Apr 2023 22:55
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16487

Actions (login required)

View Item View Item