PERLINDUNGAN PEREMPUAN PEKERJA SEKS KOMERSIAL DITINJAU DARI PERATURAN DAERAH KABUPATEN SEMARANG NOMOR 1 TAHUN 2015 TENTANG PEMBERDAYAAN DAN PERLINDUNGAN PEREMPUAN (Studi di Kawasan Karaoke Sukosari, Bawen, Kabupaten Semarang)

Firdha, Cholista Aulia (2023) PERLINDUNGAN PEREMPUAN PEKERJA SEKS KOMERSIAL DITINJAU DARI PERATURAN DAERAH KABUPATEN SEMARANG NOMOR 1 TAHUN 2015 TENTANG PEMBERDAYAAN DAN PERLINDUNGAN PEREMPUAN (Studi di Kawasan Karaoke Sukosari, Bawen, Kabupaten Semarang). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
CHOLISTA AULIA FIRDHA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui bagaimana bentuk pelaksanaan perlindungan yang di berikan Pemerintah Daerah terhadap Perempuan Pekerja Seks Komersial berdasarkan Perda Nomor 1 Tahun 2015 tentang Pemberdayaan dan Perlindungan Perempuan di kawasan Karaoke Sukosari Kabupaten Semarang. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana profil Perempuan Pekerja Seks Komersial di kawasan Karaoke Sukosari, pelaksanaan perlindungan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Semarang terhadap Perempuan Pekerja Seks Komersial berdasarkan Perda Nomor 1 Tahun 2015 tentang Pemberdayaan dan Perlindungan Perempuan di kawasan Karaoke Sukosari Kabupaten Semarang dan kendala yang dihadapi Pemerintah Daerah Kabupaten Semarang dalam pelaksanaan perlindungan Perempuan Pekerja Seks Komersial di kawasan Karaoke Sukosari Kabupaten Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat penelitian lapangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Yuridis–Empiris. Sumber data diperoleh dari hasil wawancara, dokumentasi, dan observasi terhadap Perempuan Pekerja Seks Komersial di kawasan Karaoke Sukoasai, pengurus Paguyuban Karaoke Sukosari, dan Dinas Sosial Kabupaten Semarang. Teknik analisa yang di lakukan adalah mereduksi data kemudian memaparkan data hasil penelitian dan menarik kesimpulan atas data tersebut berdasarkan teori dan undang–undang yang berlaku. Penelitian ini menarik kesimpulan bahawa Jumlah Perempuan Pekerja Seks Komersial di kawasan Karaoke Sukosari sebanyak 85 orang, Kabupaten Semarang sebanyak 24 orang dan 61 orang berasal dari luar Kabupaten Semarang. Umur Perempuan Pekerja Seks Komersial berkisar antara 18 hingga 37 tahun. Motivasi bekerja sebagai Perempuan Pekerja Seks Komersial yaitu rendahnya pendidikan, ekonomi, broken home, gaya hidup bebas dan korban pelecehan seksual. Bentuk perlindungan yang diberikan Pemerintah Daerah Kabupaten Semarang kepada Perempuan Pekerja Seks Komersial berdasarkan pasal 12 dan Pasal 22 Perda Kabupaten Semarang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Pemberdayaan dan Perlindungan Perempuan dikategorikan dalam beberapa aspek yaitu sosial, ekonomi, hukum, dan kesehatan. Kendala yang muncul dari pelaksanaan perlindungan Perempuan Pekerja Seks Komersial yaitu Perempuan Pekerja Seks Komersial susah disadarkan, Perempuan Pekerja Seks Komersial tidak fokus dalam mengikuti penyuluhan, Perempuan Pekerja Seks Komersial tidak menetap, Dinas Sosial tidak hanya fokus menangani Perempuan Pekerja Seks Komersial, dan minimnya biaya.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Apr 2023 15:34
Last Modified: 09 Apr 2023 15:34
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16508

Actions (login required)

View Item View Item