Maulida, Rifka Ayu (2023) Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin dan Mandiri Kelas V Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia Melalui Pembelajaran PPKn di MI Ma'arif Rowosari Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
RIFKA AYU MAULIDA 230401800222222FIX.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Maulida, Rifka, Ayu. 2022. Implemenasi Pendidikan Karakter Disiplin dan Mandiri Kelas V Tema 1 Organ Gerak Hewan Dan Manusia Melalui Pembelajaran PPKn DI MI Ma’arif Rowosari Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2022/202. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbim: Dra. Nur Hasanah M.P.d. Kata Kunci: Implementasi Pendidikan Karakter; Disiplin; Mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, kendala, dan solusi implementasi pendidikan karakter disiplin dan mandiri melalui pembelajaran PPKn. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala madrasah, guru, dan siswa kelas 5 MI Ma’arif Rowosari. Objek penelitian adalah implementasi pendidikan karakter disiplin dan mandiri. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman (reduksi data, display data, dan kesimpulan). Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter disiplin dan mandiri di MI Ma’arif Rowosari terdapat tiga aspek yaitu pelaksanaan, kendala, dan solusi. 1) Implementasi pendidikan karakter disiplin dan mandiri dengan cara memasukkan pendidikan karakter ke dalam tata tertib madrasah, mata pelajaran dan kegiatan pengembangan diri, 2) Kendala yang dialami dalam pembentukan karakter disiplin masih banyak siswa yang melanggar peraturan dan kurang bertanggung jawab, 3) Solusi yang dilakukan untuk mengatasi pembentukan karakter disiplin oleh pihak sekolah dengan memberi contoh yang baik, menegur, dan menasehati siswa yang melanggar peraturan, 4) Kendala yang dialami dalam pembentukan karakter mandiri masih ada siswa yang kurang percaya diri dengan kemampuannya, kurangnya motivasi siswa dalammengikuti KBM, dan sebagian siswa pasif dalam mengikuti pembelajaran, 5) Solusi yang dilakukan untuk mengatasi pembentukan karakter oleh pihak sekolah memberi motivasi dan penguatan tentang pentingnya rasa percaya diri, dan memberikan sanksi yang bersifat mendidik kepada siswa yang melakukan kecurangan dan menyontek saat ulangan.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 12 Apr 2023 19:43 |
Last Modified: | 17 Apr 2023 10:37 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16539 |
Actions (login required)
View Item |