PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT DAN ALAT PERAGA PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS SMP NAHDLATUL ULAMA SURUH TAHUN PELAJARAN 2022/2023

nuha, Khafid uli (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT DAN ALAT PERAGA PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS SMP NAHDLATUL ULAMA SURUH TAHUN PELAJARAN 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
KHAFID ULI NUHA 23070180055-2.pdf

Download (6MB)

Abstract

Nuha, Khafid Uli. 2022. Peningkatan Hasil Belajar melalui Media Pembelajaran PowerPoint dan Alat Peraga pada Peserta Didik Kelas VIII Mata Pelajaran Matematika Materi Persamaan Garis Lurus SMP Nahdlatul Ulama Suruh Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi, Salatiga: Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga, Pembimbing Prof. Dr. Winarno, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar; PowerPoint; Alat Peraga Penelitian ini bertujuan guna meningkatkan hasil belajar mata pelajaran matematika pada materi persamaan garis lurus dengan menerapkan media pembelajaran powerpoint dan alat peraga pada siswa VIII B SMP Nahdlatul Ulama Suruh Kab. Semarang tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang telah dilaksanakan dalam 2 siklus, dengan masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, serta refleksi. Dalam penelitian ini terdapat subjek berupa 23 peserta didik. Teknik pengumpulan data meliputi tes, observasi, serta dokumentasi. Analisis yang digunakan peneliti ialah dengan membandingkan pencapaian-pencapaian hasil belajar siswa dengan nilai KKM yang telah ditentukan sekolah yaitu 80 dan kriteria ketuntasan klasikal pada setiap siklus adalah sebesar 85%. Pada tahapan pelaksanaan siklus I diterapan media pembelajaran powerpoint serta alat peraga dan diberikan soal uaraian pada akhir pembelajaran untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil penelitian diperoleh hasil belajar berupa 17 siswa (73.91 %) yang sudah tuntas serta 6 siswa (26.09 %) yang tidak mencapai KKM, dan diperoleh nilai rata-rata 77.17. kemudian pada siklus II diperoleh peningkatan hasil belajar berupa 20 siswa (86.96 %) yang sudah tuntas serta 3 siswa (13.04 %) yang tidak mencapai KKM, dan nilai rata-rata 86.09. dari data tersebut disimpulkan bahwa penelitian tindakan kelas dinyatakan berhasil dengan menerapkan media pembelajaran Ms powerpoint serta alat peraga pada siswa kelas VIII B SMP Nahdlatul Ulama Suruh Kab. Semarang tahun pelajaran 2022/2023.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Apr 2023 20:01
Last Modified: 12 Apr 2023 20:01
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16540

Actions (login required)

View Item View Item