Panduan Guru untuk Membelajarkan Kubus dan Balok berbasis Open-Ended Collaboration (OE-C)

UNSPECIFIED (2023) Panduan Guru untuk Membelajarkan Kubus dan Balok berbasis Open-Ended Collaboration (OE-C). .

[img] Text
3. BUKU GURU_compressed.pdf

Download (3MB)
[img] Text
HKI_ Eni Cholis Buku Guru Januari 2020.pdf

Download (772kB)

Abstract

Matematika merupakan bagian dari ilmu pengetahuan yang terdiri dari aspek produk, proses dan sikap. Pembelajaran matematika adalah pembelajaran yang menitikberatkan pada pemberian pengalaman secara langasung yang berorientasi pada produk, proses, sikap, dan kreativitas dan membekali bagaimana cara mengetahui konsep matematika itu secara mendalam untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis. Keterampilan berpikir kreatif ini meliputi aspek keluwesan, kelancaran, keaslian, dan kebaruan. Panduan Open Ended-Collaboration (OE-C) untuk guru ini dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis. Secara umum mata pelajaran matematika bertujuan untuk: (1) bersikap positif terhadap Matematika dengan menyadari keteraturan dan keindahan alam serta mengagungkan kebesaran Tuhan Yang Maha Esa, (2) memupuk sikap ilmiah, yang jujur, objektif, terbuka, ulet, kritis, dan dapat bekerja sama dengan orang lain, (3) mengembangkan pengalaman untuk dapat menyelesaikan masalah matematika, serta mengomunikasikan hasil penyelesaian masalah yang telah dilakukan, (4) meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis terkait masalah open ended yang diselesaikan, (5) mengembangkan penguasaan konsep bangun ruang kubus dan balok, dan saling keterkaitan matematika dengan kehidupan sehari-hari, keterampilan, dan kepercayaan diri, (6) menerapkan konsep matematika untuk menghasilkan karya yang berkaitan dengan kebutuhan manusia, (7) meningkatkan kesadaran dan berperan serta dalam bermasyarakat melalui konsep matematika yang telah dipelajarinya. Pembelajaran matematika idealnya tidak sekedar memindahkan pengetahuan dari guru ke siswa secara teoritis dan tekstual, tetapi diharapkan lebih bersifat kontekstual dan dapat dilakukan dengan memberdayakan kemampuan masing-masing siswa untuk sharing ide melalui kerjasama kolaborasi, terutama ketika siswa menyelesaikan masalah matematika yang diberikan. Melalui kerjasama kolaborasi, siswa akan merasa membutuhkan teman diskusi ketika mereka menemui kendala saat menyelesaikan masalah open ended. Pembelajaran collaboration dapat dihadirkan melalui panduan ajar karena siswa selalu berinteraksi langsung dengan panduan ajar. Panduan ajar merupakan cara pengorganisasian materi pembelajaran yang mengacu pada rankaian penyajian materi pelajaran kepada siswa. Melalui panduan ajar ini diharapkan dapat memfasilitasi siswa dalam mengembangkan kreativitas berpikir secara matematis. Siswa dapat melihat keterhubungan antara fakta, konsep, prosedur dan prinsip dalam memahami materi pelajaran dan memecahkan masalah sendiri baik secara individu maupun kelompok. Model OE-C menekankan proses pada pencarian dan penemuan melalui proses berpikir kreatif matematis. Informasi tidak dapat diberikan hanya oleh guru, tetapi siswa juga mencari dan menemukan sendiri informasi dan berusaha untuk memecahkan permasalahan yang ada dengan kemampuan berpikir kreatif matematis yang dimilikinya. Panduan ajar yang diterapkan di SD/MI diharapkan dapat membuat siswa memahami tentang sifat-sifat bangun ruang kubus dan balok, menghitung volumenya, dan membuat bermacam-macam bentuk jaringjaringnya, serta dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari sehingga siswa menyadari bahwa bangun ruang merupakan bagian dari ciptaanNya dan siswa memiliki kewajiban untuk terus mempelajarinya. Panduan guru ini memuat materi dan contoh-contoh yang berkaitan dengan lingkungan sekitar, sehingga diharapkan dapat menggali, dan mengolah informasi yang terdapat dalam panduan guru sebagai pertimbangan dalam memecahkan masalah terkait dengan bangun ruang. Panduan ajar memuat serangkaian kegiatan belajar yang diharapkan dapat mengembangkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui tahapan dan aspek-aspek untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis.

Item Type: Patent
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Apr 2023 20:45
Last Modified: 12 Apr 2023 20:45
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16543

Actions (login required)

View Item View Item