Human Capital Investment Melalui Kebijakan Pendidikan untuk Mendorong Pembangunan Ekonomi di Negara-negara Berpenduduk Muslim (Studi Komparatif di Indonesia, Malaysia dan Turki)

Hariyadi, Rahmat (2023) Human Capital Investment Melalui Kebijakan Pendidikan untuk Mendorong Pembangunan Ekonomi di Negara-negara Berpenduduk Muslim (Studi Komparatif di Indonesia, Malaysia dan Turki).

[img] Text
PENELITIAN MOCHLASIN 2020.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini menjawab masalah (1) Bagaimana strategi investasi human capital melalui kebijakan pendidikan di Indonesia, Malaysia dan Turki ? (2) Apa hambatan-hambatan pelaksanaan investasi human capital? (3) Bagaimana peran nilai-nilai agama dalam investasi human capital? (4) Bagaimana dampak investasi human capital melalui kebijakan pendidikan terhadap pembangunan ekonomi?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik analisis data triangulasi. Hasil penelitian ini adalah: (1) ketiga negara tengah berupaya untuk meningkatkan investasi di bidang human capital melalui kebijakan pendidikan yang mendukung dengan inovasi kebijakan, menyusun blueprint dan anggaran; (2) Kendalah yang dihadapi bervariasi diantaranya belum adanya blueprint, masalah sistem pengajaran, kurikulum, kualitas guru, penggunaan teknologi pembelajaran dan adanya Revolusi Industri 4.0; (3) Agama Islam memiliki peran penting di Negara Indonesia, Malaysia dan Turki, karena semaunya menekankan pentingnya pendidikan agama untuk membangun karakter; (4) Data-data kuantitatif menunjukkan bahwa kebijakan pendidikan yang baik berpengaruh signifikan terhadap kualitas human capital dan Human capital berkualitas akan berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat suatu negara.

Item Type: Article
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Apr 2023 15:44
Last Modified: 13 Apr 2023 15:44
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16553

Actions (login required)

View Item View Item