Metode Pendidikan Islam dalam Surat Ash-Shaffat Ayat 102

Rizqa, Fatichurriza (2017) Metode Pendidikan Islam dalam Surat Ash-Shaffat Ayat 102. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pendidikan dialogis dalam Al-Qur’an surah Ash-Shaffat ayat 102. Pertanyaan yang ingin dijawab melalui kajian ini adalah: 1) Bagaimana metode pendidikan dialog dalam surat Ash-Shaffat ayat 102. 2) Bagaimana implementasi metode pendidikan dialog dalam pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan metode library research, yaitu jenis penelitian di mana objek penelitiannya digali dengan cara membaca, memahami, menelaah buku-buku dan kitab-kitab tafsir serta sumber-sumber yang berkaitan dengan permasalahan yang dikaji. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Metode pendidikan islam dalam surah ash-Shaffat ayat 102 dalam perspektif islam. Metode dialog yang terdapat dalam ayat tersebut adalah pembicaraan antara dua pihak atau lebih yang dilakukan melalui tanya jawab dan didalamnya terdapat kesatuan topik atau tujuan pembicaraan. 2) Implementasi atau penerapan metode pendidikan dialog dalam pendidikan islam adalah pembelajaran yang efektif yang terjadi saat ada interaksi antara guru dan peserta didik, guru bertanya kepada peserta didik menjawab atau sebaliknya. Maka guru dapat menilai pemahaman peserta didik terhadap materi yang diajarkan sehingga akan ditemukan kesamaan persepsi tentang visi, misi dan tujuan pembelajaran pendidikan yang dilakukan. Bila interaksi dan sinergi ini terjalin dengan harmonis maka kesuksesan dalam proses pembelajaran akan berhasil.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 May 2017 08:03
Last Modified: 03 May 2017 08:03
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1656

Actions (login required)

View Item View Item