EFEKTIVITAS MODEL JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) BERBASIS INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR IPA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN

WARRAHMAH, ANNAS PUTRI (2023) EFEKTIVITAS MODEL JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) BERBASIS INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR IPA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS_ANNAS PUTRI WARRAHAMAH_12020200013.pdf

Download (7MB)

Abstract

Warrahmah, Annas Putri. 2023. Efektivitas Model Jelajah Alam Sekitar (JAS) Berbasis Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Dan Kemandirian Belajar IPA Pada Materi Perubahan Lingkungan. Tesis. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Pascasarjana UIN Salatiga. Dosen Pembimbing Dr. Maslikhah, S. Ag., M. Si. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas model Jelajah Alam Sekitar (JAS) berbasis inkuiri efektif terhadap hasil belajar belajar IPA, untuk menguji efektivitas model Jelajah Alam Sekitar (JAS) berbasis inkuiri efektif terhadap kemandirian belajar IPA dan untuk menguji efektivitas model Jelajah Alam Sekitar (JAS) berbasis inkuiri efektif terhadap hasil belajar belajar dan kemandirian belajar IPA pada materi perubahan lingkungan pada siswa kelas IV MI Ma’arif NU Banteran Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian eksperimen semu dengan bentuk nonequivalent control group design. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Ma’arif NU Banteran, teknik pengambilan sampel menggunakan bentuk purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis, uji kesamaan rata-rata, uji perbedaan rata-rata dua kelompok yang berpasangan dan uji hipotesis. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan uji independent samples t test, uji one way anova. Berdasarkan hasil penelitian dan uji hipotesis, peneliti dapat memberi kesimpulan sebagai berikut : 1) Model JAS berbasis inkuiri materi perubahan lingkungan efektif terhadap hasil belajar IPA berdasarkan nilai t hitung > t tabel (7,149 > 1,995) dan nilai signifikansinya 0,000, (0,000 < 0,05) serta besar pengaruhnya 93%. 2) Model JAS berbasis inkuiri materi perubahan lingkungan efektif terhadap kemandirian belajar IPA berdasarkan nilai t hitung > t tabel (5,699 > 1,995) dan nilai signifikansinya 0,000, (0,000 < 0,05) serta besar pengaruhnya 90%. 3Model JAS berbasis inkuiri materi perubahan lingkungan efektif terhadap hasil belajar dan kemandirian belajar IPA berdasarkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 Kata kunci : Kemandirian Belajar, Hasil Belajar, Jelajah Alam Berbasis Inkuiri, Perubahan Lingkungan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 14 Apr 2023 20:13
Last Modified: 14 Apr 2023 20:13
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16593

Actions (login required)

View Item View Item