Pengembangan kurikulum program studi bahasa dan sastra Arab unggul berbasis KKNI : studi perbandingan pengembangan kurikulum Prodi Sastra Arab UGM, UIN Yogyakarta dan IAIN Salatiga

Supardi,S.Ag,.M.A., (2023) Pengembangan kurikulum program studi bahasa dan sastra Arab unggul berbasis KKNI : studi perbandingan pengembangan kurikulum Prodi Sastra Arab UGM, UIN Yogyakarta dan IAIN Salatiga. UNSPECIFIED.

[img] Text
Pengembangan Kurikulum Buku.pdf

Download (3MB)

Abstract

Buku ini mengkomparasikan pengembangan kurikulum jurusan bahasa dan Sastra Arab di UIN Sunan kalijaga Yogyakarta, UIN Sunan Ampel Surabaya, dan IAIN Salatiga.. Pemaparan buku ini menunjukkan bahwa Pertama, Pengembangan kurikulum jurusan BSA UIN Sunan Kalijaga tahun 2016 berdasarkan KBK walaupun dari sisi silabi mata kuliah telah mengarah pada KKNI dan bertolak dari paradigma integrasi interkoneksi sesuai dengan visi misi UIN Sunan Kalijaga, sementara di UIN Surabaya juga masih berbasis KBK. Di IAIN salatiga pengembangan kurikulumm yang ada masih berbasis KBK Dan baru mengarah pada KKNI; Kedua, Persamaan pengembangan kurikulum di tiga lembaga tersebut adalah pada penetapan profile lulusan utamanya yaitu sebagai ahli bahasa pemula atau linguist, peneliti bahasa sastra dan penterjemah, sementara perbedan terletak pada penetapan profle tambahan yaitu sebagai jurnalis, manager biro haji dan umrah untuk IAIN Salatiga, guru bahasa arab untuk UIN Surabaya. Ketiga, IAIN Salatiga perlu mengembangkan kurikulum berdasarkan KKNI dengan menetapkan profile lulusan yang lebih jelas, capaian pembelajaran, dan bahan kajian dan mata kuliah yang sesuai dan mendukung profile lulusan yang ditetapkan.

Item Type: Book
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Apr 2023 12:26
Last Modified: 15 Apr 2023 12:26
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16605

Actions (login required)

View Item View Item