Revitalisasi kompetensi mahasiswa sebagai calon guru : studi kesiapan mahasiswa PIAUD IAIN Salatiga untuk melaksanakan praktek lapangan

Sriyanti, Lilik (2023) Revitalisasi kompetensi mahasiswa sebagai calon guru : studi kesiapan mahasiswa PIAUD IAIN Salatiga untuk melaksanakan praktek lapangan. UNSPECIFIED.

[img] Text
11. Lilik S__.pdf

Download (694kB)

Abstract

Kompetensi guru menjadi ujung tombak penentu kualitas pendidikan di Indonesia. Oleh karena itu kompetensi guru sudah harus dipersiapkan oleh perguruan tinggi sebagai pencetak calon guru. Saat ini banyak keluhan masyarakat tentang rendahnya kualitas lulusan calon guru, juga muncul masukan dari sekolah-sekolah tempat praktek mengajar tentang pentingnya meningkatkan kompe tensi mahasiswa untuk melakukan praktek mengajar. Kondisi itu menuntut perguruan tinggi untuk memacu kompetensi maha siswanya agar siap bersaing dalam dunia kerja. Guna memberikan panduan dalam pengembangan kompetensi guru PAUD, pemerintah sudah mengeluarkan Peraturan Peme rintah No 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan yang didalamnya tertuang kompetensi yang harus dimiliki oleh se orang guru yaitu: kompetensi pedagogik, kompetensi profe sio nal, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial. Peraturan ini disempurnakan dalam PP No. 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini (SNPAUD) memuat Kom petensi Pendidik PAUD (Guru PAUD, Guru Pendamping, dan Guru Pendamping Muda) Penelitian ini memaparkan kemampuan mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di PAUD serta mengupas tanggapan mahasiswa dan stake holder tentang penyelenggaraan per kuliahan pada jurusan PIAUD IAIN Salatiga. Berbagai kendala muncul dalam upaya lembaga mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru PAUD. Kendala tersebut antara lain masih ditemukannya kegiatan perkuliahan yang didominasi pengembangan aspek kogntif, rendahnya sarana perkuliahan untuk mikro teaching beserta sistem pelaksanaan yang kurang variatif, juga rendahnya ke mauan mahasiswa mengembangkan diri. Program yang dapat me ningkatkan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru adalah pengembangan kurikulum yang melibatkan banyak pihak ter masuk pakar dan stokeholder, peningkatan kualitas menyusun ren cana pembelajaran semester serta aplikasinya dalam kegiatan per kuliah an, peningkatan kualitas pembelajaran mikroteaching dan intensitas latihan dari diri mahasiswa, evaluasi dan monitoring yang dilaksanakan secara kontinu dari pengelola. Perlu upaya-upaya strategis agar lulusan PIAUD benar-benar siap pakai dan mampu bersaing dalam dunia kerja yang makin kompetitif. Penelitian ini menawarkan berbagai solusi agar menghasilkan lulusan yang lebih berkualitas. Akhir kata, semoga penelitian ini bermanfaat bagi banyak pihak.

Item Type: Book
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Apr 2023 16:12
Last Modified: 16 Apr 2023 16:12
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16624

Actions (login required)

View Item View Item