Pengaruh pendidikan, pengalaman kerja, frekuensi pelatihan dan sertifikasi profesional terhadap kinerja guru Madrasah ‘Aliyah Negeri Purbalingga tahun 2017

H.Wahyudhiana,M.MPd, Drs. (2023) Pengaruh pendidikan, pengalaman kerja, frekuensi pelatihan dan sertifikasi profesional terhadap kinerja guru Madrasah ‘Aliyah Negeri Purbalingga tahun 2017. UNSPECIFIED.

[img] Text
7. Wahyudiana-Farikhak__.pdf

Download (784kB)

Abstract

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang senantiasa memberikan Rahmat dan InayahNya, sehingga kita masih bisa menjalankan tugas sesuai dengan amanah yaitu menjunjung tinggi kepentingan pendidikan. Kinerja guru berkaitan erat dengan faktor pendidikan, pengalaman mengajar, frekuensi pelatihan yang pernah diikuti mau pun sertifikasi profesinal dan masih banyak indikator lain yang semuanya itu bisa membentuk kualitas guru. Guru yang berkualitas akan menciptakan generasi yang cerdas, sehingga diharapkan akan membantu mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Berkaitan dengan hasil penelitian yang dilaksanakan sdr. Drs.Wahyudhiana, M.MPd dan sdri. Dra Siti Farikhah, M.Pd tentang pengaruh kinerja guru dengan tingkat pendidikan, pengalaman kerja, frekuensi pelatihan dan sertifikasi profesional di MAN Purbalingga ; maka dapat ditarik benang merah bahwa secara simultan ketiga variabel tersebut mempunyai pengaruh terhadap kinerja guru. Namun, secara parsial sertifikasi profesional memberikan pengaruh yang paling dominan terhadap kinerja guru. Memang seorang guru harus mapan secara ekonomi, mapan dan berkecukupan, terpenuhi kesejahteraan lahir batin untuk menopang hidupnya bersama keluarga. Dengan demikian guru bisa fokus dalam tugasnya, tidak terkontaminasi pikirannya dengan masalah kebutuhan rumah tangganya. Oleh karenany, sangat wajar apabila sertifikasi profesional bisa mendongkrak kinerja guru dan keberadaannya menjadi sangat urgen dalam menjunjung tinggi jasanya. Sedangkan variabel pendidikan, pengalaman dan pelatihan masih perlu peningkatan yang signifikan. Sebagaian besar guru diharapkan bisa menempuh studi lanjut ,karena menjadi guru harus mau terus belajar, mengkondisikan dengan segala macam perubahan terutama di bidang pendidikan agar bisa selalu maju berkelanjutan, mampu berkompetisi yang sehat hingga bermuara pada peningkatan kompetensi guru. Akhirnya, mudah-mudahan hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi pemikiran tentang kinerja guru dan semoga menjadi secercah sumbangsih yang bermanfaat bagi pengembangan pendidikan di masa yang akan datang. Aamiin.

Item Type: Book
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Apr 2023 16:39
Last Modified: 16 Apr 2023 16:39
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16630

Actions (login required)

View Item View Item