Integrasi keilmuan dalam pembelajaran sains dan matematika di madrasah

Hasanah,M.Pd., Dra. Nur (2023) Integrasi keilmuan dalam pembelajaran sains dan matematika di madrasah. UNSPECIFIED.

[img] Text
10. Nurhasanah - Anggun__.pdf

Download (1MB)

Abstract

Madrasah memiliki peran signifikan dalam transformasi penge- tahuan. Dua hal yang menjadi konsen pembelajaran di Madrasah adalah agama dan sains. Pembelajaran agama menjadi ciri khas utama di madrasah. Sementara itu, pembelajaran sains juga menjadi prioritas utama. Agama dan sains diharapkan untuk berkembang bersama-sama agar dapat memecahkan permasalahan umat ma- nusia yang ditimbulkan oleh penerapan sains yang semakin maju. Tujuan dalam penelitian ini adalah, ingin mengetahui konsep, strategi penerapan, serta penerapan integrasi keilmuan dalam pem- belajaran sains di MTs Kota Salatiga. Metode penelitian ini meng- gunakan metode deskriptif. Peneliti mengukur jenis integrasi sains dan agama tersebut dengan mengadaptasi dari pendekatan yang dikembangkan oleh lan G. Barbour yang terbagi atas empat: konflik; independensi; dialog; dan integrasi. Peneliti menemukan bahwa pada MTsN Kota Salatiga dalam komponen konsep dan pe- nerapan pelaksanaan pembelajaran sudah pada tataran integrasi, namun pada komponen strategi dan penerapan dalam perangkat pembelajaran masih pada tataran dialog. Sedangkan pada MTS NU Kota Salatiga diketahui bahwa pada komponen konsep, strategi dan penerapan baik pada perangkat pembelajaran maupun pelaksanaan pembelajaran, masih pada tataran dialog.

Item Type: Book
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Apr 2023 17:46
Last Modified: 16 Apr 2023 17:46
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16634

Actions (login required)

View Item View Item