Pendidikan Pancasila : pendidikan nilai Pancasila pada generasi muda

Fikri, Muhammad Arif Al (2023) Pendidikan Pancasila : pendidikan nilai Pancasila pada generasi muda. UNSPECIFIED.

[img] Text
21. M. ARIF AL-FIKRI_Pendidikan Pancasila.pdf

Download (1MB)

Abstract

Puji syukur penulis panjatkan ke khadirat Allah SWT yang telah melimpahkan seluruh rahmat dan nikmat-Nya kepada penulis, baik nikmat umur, nikmat kesehatan, kelapangan dan kenikmatan yang lain. Serta berkat taufiq dan hidayahNya pula penulis mampu menyelesaikan buku yang berjudul “Pendidikan Pancasila: Pendidikan Nilai Pancasila Pada Generasi Muda” ini sesuai dengan yang direncanakan. Oleh karena itu semoga saja shalawat dan salam akan selalu tercurah keharibaan junjungan kita Nabi besar Muhammad SAW beserta para Sahabat dan Pengikut beliau yang setia hingga akhir jaman. Bagi bangsa Indonesia Pendidikan dan Pembelajaran Pancasila bukanlah suatu hal yang baru, karena Pancasila sebagai sebuah mata pelajaran telah diajarkan semenjak anak didik duduk dibangku sekolah tingkat dasar sampai ke jenjang Perguruan Tinggi. Khusus untuk jenjang Pendidikan Tinggi mata pelajaran Pendidikan Pancasila ini termasuk dalam kelompok Mata Kuliah Umum (MKU), yang wajib dimuat dalam setiap kurikulumnya. Sehingga seluruh Mahasiswa wajib mengikuti dan lulus mata kuliah tersebut. Tujuan pendidikan Pancasila dapat dilacak keterkaitannya dengan tujuan Nasional dan tujuan Pendidikan Nasional. Rumusan tujuan Nasional terdapat pada alinea ke empat UUD 1945, “... yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan. kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, ...”. Sementara Pendidikan Nasional bertujuan untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia, yaitu menusia yang beriman dan bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti yang luhur, berkepribadian, mandiri, maju, tangguh, cerdas, kreatif, trampil, berdisiplin, beretos kerja, profesional, bertanggung jawab, dan produktif serta sehat jasmani dan rohani. Pendidikan nasional harus menumbuhkan jiwa patriotik dan mempertebal rasa cinta tanah air, meningkatkan semangat kebangsaan dan kesetiakawanan sosial, serta kesadaran pada sejarah bangsa dan sikap menghargai jasa para pahlawan serta berorientasi ke masa depan. Kompetensi yang hendak dikembangkan dalam pendidikan Pancasila di perguruan tinggi adalah prilaku mahasiswa untuk memahami, menganalisis, dan menjawab masalah-masalah yang dihadapi oleh masyarakat bangsanya secara berkesinambungan dan konsisten dengan cita-cita dan tujuan nasional seperti yang digariskan dalam pebukaan UUD 1945. Diharapkan melalui Pendidikan Pancasila Mahasiswa akan menjadi manusia Indonesia lebih dahulu, sebelum menguasai, memiliki IPTEKS yang dipelajarinya. Di dambakan bahwa warga negara Indonesia yang unggul dalam penguasaan IPTEKS, namun tidak kehilangan jati dirinya dan tidak tercerabut dari akar budaya bangsanya dan keimanannya. Oleh sebab itu buku yang sederhana ini disusun dengan maksud untuk menyediakan salah satu bahan/referensi bagi mahasiswa, atau bagi siapa saja yang tertarik untuk mempelajari Pancasila. Sehingga mudah-mudahan buku ini dapat memberikan manfaat bagi semua pembacanya. Demi untuk kelengkapan dan penyempurnaannya penyajian materi dan sistematika buku ini saran dan kritik sangat penulis harapkan dari para pembaca. Akhirnya atas semuanya itu tak lupa penulis mengucapkan terima kasih.

Item Type: Book
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Apr 2023 18:04
Last Modified: 16 Apr 2023 18:04
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16642

Actions (login required)

View Item View Item