Ag., Tri Wahyu Hidayati, M. (2023) MODEL PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI SAUDI ARABIA (STUDI ATAS HALAQAH AL-QUR’AN DI MEKKAH DAN MADINAH).
Text
resume penelitian 2020 tri dan gufron.pdf Download (284kB) |
Abstract
Al-Qur'an adalah pedoman hidup umat Islam. Oleh karena itu al-Qur’an harus dipelajari dan diajarkan kepada generasi penerus umat Islam. Hal ini seseuai dengan sabda nabi Muhammad: "Khairukum man ta'allama al-Qur'ana wa 'allamahu" (HR al-Bukhari). Sebagai salah satu wujud pengamalan hadits tersebut, al-Qur'an menjadi menu kurikulum wajib bagi setiap jenjang pada lembaga pendidikan Islam, mulai dari pra sekolah sampai perguruan tinggi. Membaca al-Qur’an adalah ibadah. Banyak hadits Nabi yang menjelaskan keutamaan membaca al-Qur’an, di antaranya:” "Barang siapa membaca satu huruf dari kitab Allah maka baginya satu kebaikan dan kebaikan itu dilipatkan 10 kali. Dan tidaklah aku mengatakan bahwa Alif Laam Miim satu kebaikan, tetapi Alif satu kebaikan, laam satu kebaikan dan Miim satu kebaikan” (HR at-Tirmidzi). Selain itu Allah dan Rasul-nya banyak menganjurkan umatnya untuk membaca alQur'an, karena al-Qur'an akan memberi syafa’at bagi sahabatnya (yaitu orang yang membaca dan menghafalnya). Hal ini dapat dilihat dari hadits Nabi Muhammad: "Iqrau al-Qur'âna fa innahu ya'tî yaum al-qiyâmati syafî'an li ashhâbih" (HR Muslim). Pilihan penulis adalah halaqah al-Qur’an di Masjid al haram Mekkah dan Masjid Nabawi Madinah. Alasan pemilihan ini adalah karena beberapa hal: Mekkah dan Madinah adalah kota tempat lahir dan berkembangnya Islam, di Masjidil Haram dan masjid Nabawi banyak ditemukan halaqahhalaqah al-Qur’an dari berbagai usia. Model pembelajaran al-Qur’an di Mekkah dan Madinah yang menjadikan masjid sebagai basis dapat menjadi rujukan bagi pembelajaran al-Qur’an di Indonesia. Penelitian mengungkap bagaimana pelaksanaan halaqah al-Qur’an di masjid al haram Mekkah dan masjid Nabawi di Madinah, bagaimana peran orang tua dan masyarakat, dan bagaimana peran pemerintah (otoritas yang berwenang) dalam memberikan dukungan untuk pembelajaran al-Qur’an. Penelitian ini hadir untuk menjawab kegelisahan tentang pentingnya menghidupkan kembali semangat belajar membaca al-Qur’an pada generasi milenial, memberikan referensi model pembelajaran al-Qur’an di Indonesia.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Agama > Alqur'an |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 17 Apr 2023 04:59 |
Last Modified: | 17 Apr 2023 04:59 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16650 |
Actions (login required)
View Item |