Dari Mustahik Menjadi Muzakki; Studi Pendayagunaan Dana Zakat Untuk Penciptaan dan Pengembangan Usaha Kecil Produktif Pada Lazismu Solo

Farkhani,S.,S.HI.,M.H, (2023) Dari Mustahik Menjadi Muzakki; Studi Pendayagunaan Dana Zakat Untuk Penciptaan dan Pengembangan Usaha Kecil Produktif Pada Lazismu Solo. UNSPECIFIED.

[img] Text
Dari Mustahik Menjadi Muzakki.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kemiskinan (poverty) telah lama menjadi probem bagi banyak negara di berbagai belahan dunia. Di dunia Islam (negara-negara berpenduduk mayoritas muslim), kemiskinan masih menjadi momok bagi mayoritas negara Islam yang belum terpecahkan sampai saat ini, padahal negeri-negeri Islam itu memiliki kekayaan sumber daya alam. Indonesia sebagai negara berpenduduk mayoritas Islam dan memiliki kekayaan sumber daya alam yang sangat banyak, namun kemiskinan masih menjadi problem negara dan umatserta tersebar pada setiap provinsi dan daerah (kabupatan/kota) di seluruh Indonesia, termasuk Surakarta. Lazismu Solo sebagai salah satu pengelola dana ZIS berupaya dengan ragam program kegiatan berupaya berkontribusi untuk mengatasi problem kemiskinan kota, terutama untuk umat Islam kota Surakarta melalui program pemberdayaan ekonomi umat melalui penciptaan dan pengembangan usaha kecil-menengah mustahik dengan tujuan merubah statusnya menjadi muzakki melalui program kewirausahaan. Dilihat dari sisi efektifitas dan efesiensi pelaksanaan program pendayagunaan dana zakat untuk usaha ekonomi produktif “program kewirausahaan” dapat dinilai berjalan efektif dan efesien walaupun belum mencapai tujuan ideal program itu, yakni merubah mustahik menjadi muzakki, baru menjadikan mustahik menjadi muslim yang mandiri dan berdikari secara ekonomi dan terlepas dari status awalnya.

Item Type: Book
Subjects: Agama > Keislaman
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Apr 2023 18:08
Last Modified: 17 Apr 2023 18:08
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16665

Actions (login required)

View Item View Item