Si., Dra. Ulfah Susilawati, M. (2023) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PERSPEKTIF SURAT AL-HUJURAT PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH NURUL ISLAM TENGARAN TAHUN 2017. UNSPECIFIED.
Text
Implementasi Pendidikan Multikultural 2017 Ulfah Susilawati.pdf Download (632kB) |
Abstract
Kandungan AlQur’an dalam surat AlHujurat sarat dengan konsep multikultural. Dan karena mayoritas masyarakat Indo nesia adalah muslim maka konsep multikultural perespektif surat AlHujurat perlu dikaji sebagai dasar berkehidupan di Indonesia yang “Bhinneka Tunggal Ika”. Penelitian ini memilih Madrasah Aliyah Nurul Islam sebagai obyek penelitian karena memiliki visi “Melahirkan Pemimpin Ummat yang Berakhlaqul Karimah dan berwawasan Global”. Lembaga ini merupakan sekolah berbasis ke agamaan dengan system boarding school, dengan unggulan program hafalan AlQur’an dan konsen dalam bahasa Arab. Fokus penelitian ini adalah tentang bagaimanakah konsep pen didikan multikultural perspektif AlQur’an surat AlHujurat; 2) ba gaimana implementasi konsep pendidikan multikultural perspek tif AlQur’an surat AlHujurat pada pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Nurul Islam Tengaran Tahun 2017; serta 3) apa faktor pendukung dan penghambat pengimplementasian konsep ter sebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pende katan deskriptif.Untuk menjawab rumusan masalah pertama, pe neliti menggunakan penelitian library research. Dan untuk men jawab rumusan masalah yang ke dua dan ketiga penelitian bersifat lapangan (Field Research),dengan pendekatan kualitatif.Teknik pe ngumpulan dengan cara Observasi (pengamatan),wawancara, do kumentasi,triangulasi data. Teknik analisis data dalam penelitian ini deskriptifeksploratifanalisis, analisis rumusan masalah pertama dengan pendekatan ilmu tafsir dan menggunakan metode penaf siran maudlu’i. Dan untuk rumusan masalah kedua dan ketiga dengan tahapan reduksi data, verifikasi data, Penyajian data, Pe narikan kesimpulan, keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil kesimpulan penelitian pada rumusan masalah pertama bahwa konsep multikultural terdapat dalam surat AlHujurat ayat 6,9,10,11,12,13. Adapun kontennya adalah Ayat 6 memuat konsep: Klarifikasiatau tabayyun terhadap persoalan; Pengembangan sikap toleran, empati, dan simpati; Memelihara saling pengertian (Mutual Understanding). Ayat 9 dan 10 tentang Resolusi konflik; dan Konsep keadilan. Ayat 11 terkandung konsep sikap saling menghargai (Mutual Respect); sikap apresiasif dan interdependensi. Ayat 12 sikap saling percaya dan menghindari prasangka; terbuka; Resolusi Kon flik . Ayat 13 tentang menghargai perbedaan, dan keberagaman (gender, ras, bangsa, dll.); Sikap sensitif gender; toleransi; Memupuk kemanfaatan dalam keberagaman. Adapun implementasimelalui: Hidden Kurikulum;Terintegrasi dalam pembelajaran empat maharah bahasa Arab; Melalui kegiat an pengembangan bahasa Arab; Melalui pendidikan lingkungan bahasa; Melalui keteladanan dan nasehat guru ; Menghadirkan pe nutur asli bahasa Arab dan motivator tentang wawasan global. faktor pendukungnya adalah; Visi madrasah yang selaras dengan konsep multikultural ; Peluang dari lembaga untuk mengem bangkan bahan ajar dan inovasi proses; Adanya kegiatan pengem bangan bahasa Arab ; Kehidupan asrama (Pondok) dengan karak ter beragam. Dan faktor penghambatnya adalah: Keterbatasan SDM. Bahasa Arab baik dari kualitas maupun kwantitas; Kurikulum dengan wacana multikultural belum banyak termuat dalam bahan ajar bahasa Arab; latar belakang pendidikan siswa input siswa yang beragam; kemampuan dasar bahasa Arab siswa yang heterogin.
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 17 Apr 2023 21:26 |
Last Modified: | 17 Apr 2023 21:26 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16680 |
Actions (login required)
View Item |