IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PERSPEKTIF SURAT AL-HUJURAT PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH NURUL ISLAM TENGARAN TAHUN 2017

Si., Dra. Ulfah Susilawati, M. (2023) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PERSPEKTIF SURAT AL-HUJURAT PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH NURUL ISLAM TENGARAN TAHUN 2017. UNSPECIFIED.

[img] Text
Implementasi Pendidikan Multikultural 2017 Ulfah Susilawati.pdf

Download (632kB)

Abstract

Kandungan Al­Qur’an dalam surat Al­Hujurat sarat dengan konsep multikultural. Dan karena mayoritas masyarakat Indo­ nesia adalah muslim maka konsep multikultural perespektif surat Al­Hujurat perlu dikaji sebagai dasar berkehidupan di Indonesia yang “Bhinneka Tunggal Ika”. Penelitian ini memilih Madrasah Aliyah Nurul Islam sebagai obyek penelitian karena memiliki visi “Melahirkan­ Pemimpin­ Ummat­ yang­ Berakhlaqul­ Karimah­ dan­ berwawasan Global”. Lembaga ini merupakan sekolah berbasis ke­ agamaan dengan system boarding school, dengan unggulan program hafalan Al­Qur’an dan konsen dalam bahasa Arab. Fokus penelitian ini adalah tentang bagaimanakah konsep pen­ didikan multikultural perspektif Al­Qur’an surat Al­Hujurat; 2) ba­ gaimana implementasi konsep pendidikan multikultural perspek­ tif Al­Qur’an surat Al­Hujurat pada pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Nurul Islam Tengaran Tahun 2017; serta 3) apa faktor pendukung dan penghambat pengimplementasian konsep ter­ sebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pende­ katan deskriptif.Untuk menjawab rumusan masalah pertama, pe­ neliti menggunakan penelitian library research. Dan untuk men­ jawab rumusan masalah yang ke dua dan ketiga penelitian bersifat lapangan (Field Research),dengan pendekatan kualitatif.Teknik pe­ ngumpulan dengan cara Observasi (pengamatan),wawancara, do­ kumentasi,triangulasi data. Teknik analisis data dalam penelitian ini deskriptif­eksploratif­analisis, analisis rumusan masalah pertama dengan pendekatan ilmu tafsir dan menggunakan metode penaf­ siran maudlu’i. Dan untuk rumusan masalah kedua dan ketiga dengan tahapan reduksi­ data,­ verifikasi­ data,­ Penyajian­ data,­ Pe­ narikan kesimpulan, keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil kesimpulan penelitian pada rumusan masalah pertama bahwa konsep multikultural terdapat dalam surat Al­Hujurat ayat 6,9,10,11,12,13. Adapun kontennya adalah Ayat 6 memuat konsep: Klarifikasi­atau tabayyun terhadap persoalan; Pengembangan sikap toleran, empati, dan simpati; Memelihara saling pengertian (Mutual Understanding). Ayat 9 dan 10 tentang Resolusi konflik; dan Konsep keadilan. Ayat 11 terkandung konsep sikap saling menghargai (Mutual Respect); sikap apresiasif dan interdependensi. Ayat 12 sikap saling percaya dan menghindari prasangka; terbuka; Resolusi Kon­ flik­ .­ Ayat­ 13­ tentang­ menghargai­ perbedaan,­ dan­ keberagaman­ (gender, ras, bangsa, dll.); Sikap sensitif gender; toleransi; Memupuk kemanfaatan dalam keberagaman. Adapun implementasimelalui: Hidden Kurikulum;Terintegrasi dalam pembelajaran empat maharah bahasa Arab; Melalui kegiat­ an pengembangan bahasa Arab; Melalui pendidikan lingkungan bahasa; Melalui keteladanan dan nasehat guru ; Menghadirkan pe­ nutur asli bahasa Arab dan motivator tentang wawasan global. faktor pendukungnya adalah; Visi madrasah yang selaras dengan konsep multikultural ; Peluang dari lembaga untuk mengem­ bangkan bahan ajar dan inovasi proses; Adanya kegiatan pengem­ bangan bahasa Arab ; Kehidupan asrama (Pondok) dengan karak­ ter beragam. Dan faktor penghambatnya adalah: Keterbatasan SDM. Bahasa Arab baik dari kualitas maupun kwantitas; Kurikulum dengan wacana multikultural belum banyak termuat dalam bahan ajar bahasa Arab; latar belakang pendidikan siswa input siswa yang beragam; kemampuan dasar bahasa Arab siswa yang heterogin.

Item Type: Book
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Apr 2023 21:26
Last Modified: 17 Apr 2023 21:26
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16680

Actions (login required)

View Item View Item