HIMAWAN, ARIFUDIN (2023) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN IPA BERBASIS ETNOSAINS SISWA KELAS VI MI DARUSSALAM PAGERGEDOG DESA SEPAKUNG KECAMATAN BANYUBIRU KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
ARIFUDIN HIRAWAN NIM. 12020170024 TESIS REVISI.pdf Download (3MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi digital yang semakin pesat menjadi salah satu faktor bergesernya nilai-nilai karakter bahkan nilai budaya lokal semakin terkikis dan terabaikan. Penerapan nilai-nilai karakter dan pelestarian budaya lokal bisa dilakukan melalui proses pembelajaran kontekstual berbasis etnosains; belajar tidak hanya sebatas pada taraf pengetahuan saja melainkan pemberian pengalaman belajar pada kehidupan nyata, mengintegrasikan nilai-nilai budaya dan kearifan lokal masyarakat setempat. Hal ini telah dilakukan oleh siswa di MI Darussalam Pagergedog Desa Sepakung Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran IPA berbasis etnosains siswa kelas VI MI Darussalam Pagergedog Desa Sepakung Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang dan kendala apa yang dihadapi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Desain penelitian ini adalah fenomenologi. Prosedur pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teori dari Miles dan Huberman (1992) yaitu reduksidata, paparan data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data yang digunakan pada penelitian ini ialah triangulasi dengan menggunakan jenis triangulasi teknik. Hasil penelitian ini yaitu pembelajaran kontekstual yang dilakukan dengan pengamatan penanaman kentang secara langsung. Pembelajaran etnosains yang dilakukan ialah mengintegrasikan materi pembelajaran IPA dengan nilai-nilai budaya dan tradisi yang ada pada masyarakat yaitu dengan pemilihan hari pasaran saat mengawali penyiapan lahan dan menanam, penggunaan pranoto mongso serta mengadakan selamatan sebelum menanam agar diberi keselamatan saat menanam hingga masa panen. Selamatan juga dilakukan saat panen tiba sebagai rasa syukur atas anugrah yang diberikan oleh Allah SWT. Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran IPA berbasis etnosains antara lain: kemampuan guru dalam mengintegrasikan materi pembelajaran IPA dengan pembelajaran etnosains masih terbatas, tidak semua materi IPA bisa diajarkan dengan berbasis etnosains, kurangnya alokasi waktu pembelajaran, siswa belum terbiasa dengan pembelajaran kontekstual dan berbasis etnosains serta kurangnya perhatian dari orang tua siswa. Kata Kunci : Pembelajaran IPA, Kontekstual, Etnosains
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 19 Apr 2023 13:54 |
Last Modified: | 19 Apr 2023 13:54 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16744 |
Actions (login required)
View Item |