PENGARUH ANTARA IKLIM KELAS, KECERDASAN EMOSI, DAN SELF EFFICACY TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA MAN 1 SALATIGA TAHUN 2022

UNSPECIFIED (2023) PENGARUH ANTARA IKLIM KELAS, KECERDASAN EMOSI, DAN SELF EFFICACY TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA MAN 1 SALATIGA TAHUN 2022. .

[img] Text
LAPORAN PENELITIAN 2022 PDF.pdf

Download (571kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan: 1). Untuk mengetahui variasi iklim kelas pada siswa MAN 1 Salatiga, 2). Untuk mengetahui variasi kecerdasan emosi pada siswa MAN 1 Salatiga.3). Untuk mengetahui variasi self efficacy pada siswa MAN 1 Salatiga. 4). Untuk mengetahui pengaruh antara iklim kelas, kecerdasan emosi dan self efficacy terhadap prestasi belajar matematika pada siswa MAN 1 Salatiga.. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII MAN 1 Salatiga berjumlah 215 orang . Jumlah sampel 100 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis regresi ganda 3 prediktor. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara iklim kelas, kecerdasan emosi dan self efficacy terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas XII MAN 1 Salatiga.. Hasil analisis regresi ganda menunjukkan bahwa koefisien korelasi 0,301 dengan koefisien variansi F = 3,184 dan p = 0,027 (p > 0,05) dan koefisien determinasi R2 = 0,062. Penelitian ini menjelaskan bahwa prestasi belajar matematika dapat diprediksi melalui variable iklim kelas, kecerdasan emosi dan self efficacy. Sumbangan efektif iklim kelas, kecerdasan emosi dan self efficacy terhadap prestasi belajar matematika sebesar 6,2 persen sedangkan 93,8 persen sisanya dipengaruhi oleh factor lain yang tidak menjadi focus dalam penelitian ini.

Item Type: Patent
Subjects: Ilmu Terapan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Apr 2023 19:42
Last Modified: 22 Apr 2023 12:47
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16753

Actions (login required)

View Item View Item