KUMPULAN GRAND THEORY MANAJEMEN KEUANGAN & KEUANGAN ISLAM (Teori-Teori Manajemen Keuangan yang Popular bagi Penyusunan Skripsi, Tesis dan Disertasi)

Yudiana, Fetria Eka (2023) KUMPULAN GRAND THEORY MANAJEMEN KEUANGAN & KEUANGAN ISLAM (Teori-Teori Manajemen Keuangan yang Popular bagi Penyusunan Skripsi, Tesis dan Disertasi). UNSPECIFIED.

[img] Text
7. FETRIA EKA PDF buku 2022.pdf

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan teori manajemen keuangan dimulai pada awal abad ke 19. Awal tahun 1900-an isilah manajemen keuangan mulai dikenal sebagai bidang ilmu yang terpisah dari ilmu-imu lainnya. Pada awal kemunculannya manajemen keuangan konsen pada aspek-aspek hukum yang biasanya terjadi pada perusahaan-perusahaan pada umumnya. Beberapa masalah hukum yang biasanya muncul pada masa itu adalah masalah merger, akuisisi, perluasan perusahaan, pembentukan perusahaan baru, mekanisme go public dan penjualan surat- surat berharga atau sekuritas di bursa efek. Ilmu manajemen keuangan pertama kali berkembang di Amerika yaitu pada saat negeri tersebut mengalami perkembangan industrialisasi yang cukup pesat sehingga persoalan yang umum dihadapi oleh perusahaan-perusahaan pada masa itu adalah pemenuhan kebutuhan dana untuk membiayai operasi perusahaan. Persoalan pembiayaan muncul terkait bagaimana perusahaan memperoleh dana dan bagaimana menggunakan dana tersebut menjadi sangat penting untuk dikelola secara efektif dan efisien dalam rangka mencapai tujuan perusahaan yang telah ditetapkan. Perkembangan teori-teori dari ilmu manajemen keuangan terus berlanjut hal ini ditandai dengan munculnya inovasi baru dalam pembiayaan seperti metode leasing, adanya konsep konglomerasi, merger dan akuisisi. Secara keseluruhan, ilmu manajemen keuangan saat ini telah berkembang menjadi suatu studi yang bersifat deskriptif terkait pendekatan-pendekatan pengelolaan operasional perusahaan kearah konsepsi teoritis perusahaan dalam lingkup lingkungan dan teknologi yang berkembang sangat cepat dan dinamis serta situasi perekonomian dan politik yang penuh ketidakpastian seperti sekarang ini. Pandemi covid 19, serta era disrupsi yang dialami oleh semua negara dimana menuntut perusahaan-perusahaan untuk melakukan inovasi yang radikal. Uncertainties yang dihadapi oleh hampir semua perusahaan akan semakin menuntut perusahaan untuk cepat beradaptasi.

Item Type: Book
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Apr 2023 16:07
Last Modified: 27 Apr 2023 16:07
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/16760

Actions (login required)

View Item View Item